Integrasi aplikasi dan layanan pihak ketiga adalah salah satu kelebihan aplikasi kolaborasi macam Slack atau Microsoft Teams. Dalam kasus Microsoft, mereka baru saja meluncurkan update guna memaksimalkan penggunaan aplikasi dan layanan pihak ketiga di dalam Teams.

Dalam versi terbarunya, pengguna dapat menyertakan konten atau informasi dari suatu aplikasi ke dalam percakapan, semisal task tertentu dari Trello. Yang disertakan bukanlah sebatas screenshot atau tautan, melainkan semacam kartu interaktif, dan cara menyertakannya tidak jauh berbeda dari cara menyisipkan emoji atau GIF.

Kotak pencarian di bagian teratas tampilan Teams kini telah diperluas fungsinya agar pengguna dapat menginstruksikan aplikasi tertentu dengan mudah. Salah satu contohnya, dari search box ini pengguna dapat melakukan pencarian gambar yang tersimpan di Adobe Creative Cloud, lalu menyelipkannya ke percakapan.

Microsoft Teams

Ke depannya, Microsoft berencana menambahkan fungsionalitas yang lebih lengkap, seperti misalnya kemampuan untuk membuat task baru di Trello atau aplikasi serupa lainnya langsung dari search box tersebut. Lebih lanjut, kotak pencarian yang sama juga bisa dijadikan shortcut untuk menavigasikan Teams via keyboard dengan command seperti “/goto” dan lain sebagainya.

Microsoft tidak lupa memermak tampilan Store di dalam Teams, di mana pengguna sekarang dapat melakukan pencarian berdasarkan nama, kategori atau tipe integrasinya. Terakhir, Teams juga mengemas tampilan baru untuk memudahkan pengguna mengakses semua aplikasi pihak ketiga yang digunakannya, lengkap hingga dokumen-dokumen di dalamnya.

Sumber: Microsoft.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.