29 October 2013

by Yoga Wisesa

Update Nvidia Shield Terbaru Menyajikan Fitur Streaming Canggih, Kustomisasi Kontrol dan Android 4.3

Sepertinya 'ruang keluarga' adalah tren pasar dan target terbaru para produsen device dan industri hiburan digital. Setelah Valve mengumumkan Steam Machines mereka, Nvidia memberikan update resmi raksasa pada Shield garapannya. Satu yang sangat menarik adalah update yang mereka berikan pada fungsi streaming PC, Nvidia memberinya nama GamesStream.

Nvidia Shield pertama kali diperkenalkan di Consumer Electronics Show, ia adalah device Android pertama yang dirancang dari awal untuk kebutuhan high-end gaming. Walaupun memiliki hardware mumpuni, sayangnya hanya sedikit permainan yang mendukung controller milik Shield. Namun mungkin update terbarunya ini akan mengubah nasib Shield menjadi lebih baik lagi.

Yang pertama: GamesStream. Ia adalah fitur yang mendukung streaming permainan PC. Nvidia telah mengumumkan fitur ini sebelumnya, bahkan telah melangsungkan masa uji coba. Walaupun dalam masa uji coba ini masih terdapat sedikit masalah - seperti latency kontrol yang cukup tinggi, fitur ini menyimpan potensi yang sangat besar. Setelah dirilis secara resmi, dengan GamesStream Anda bisa menikmati Batman: Arkham Origins hingga Assassin's Creed 4 dalam resolusi HD 720p di setup ruang keluarga dengan TV layar lebar. Bukan itu saja, Ada sekitar 50 game PC yang mendukung GamesStream.

Untuk melengkapi hal ini, Nvidia juga telah menyiapkan Console Mode dan controller Bluetooth baru. Console Mode akan mengubah Nvidia Shield menjadi sebuah console ruang keluarga. Dengannya, Anda bisa menikmati game-game Android di TV, menjelajahi internet hingga menikmati film-film HD.

Tentu saja, Nvidia juga memberikan update agar game-game Android yang didesain untuk layar sentuh bisa lebih pas dimainkan dengan controller miliknya. Memang Shield memiliki layar sentuh built-in sendiri, namun controller fisik dan analog yang disajikan memang sudah harusnya memberikan pemain opsi navigasi game yang lebih luas. Nvidia juga menjanjikan akan ada ribuan game Android yang mendukung kemampuan ini. Yang lebih hebatnya adalah, Anda bisa mengunduh layout kontrol yang telah disediakan, namun jika Anda belum puas, Anda bisa mengkustomisasinya sendiri sesuai keinginan. Dari kacamata seorang gamer PC yang suka mengutak-atik device seperti saya, ini adalah sebuah hal yang sangat positif. Nvidia mengerti apa yang kami inginkan.

Selain itu, update ini juga akan meng-upgrade platform Android yang dimiliki Nvidia Shield ke versi 4.3. Satu hal yang sangat disayangkan adalah, konsumen Indonesia masih belum tahu kapan Nvidia Shield akan dirilis secara resmi di nusantara. Jika sangat menginginkannya, Anda terpaksa harus 'mengimpor'-nya dari negara tetangga.

Di bawah ini adalah video bagaimana mengkustomisasi kontrol Nvidia Shield. Ternyata sangat mudah sekali.

Via CNET dan Blog Nvidia. Sumber gambar: Shield.nvidia.com.