8 February 2017

by Bambang Winarso

Resmi Rilis, Opera 43 Lebih Ngebut dengan Sederet Fitur Baru

Opera 43 diperkaya fitur instant page loading dan Profile Guided Optimization untuk Windows

Opera baru saja menggulirkan update untuk browser-nya yang disebut sebagai versi paling ngebut yang pernah dirilis untuk desktop. Sejumlah perubahan dibenamkan ke Opera 43 yang difokuskan pada peningkatan performa baik saat mulai dijalankan maupun saat sedang berjalan. Update ini merupakan langkah baru dalam rangkaian upaya Opera menghadirkan aplikasi yang bekerja optimal setelah sebelumnya mencoba mengoptimalkan kecepatan loading halaman, pemblokir iklan native dan juga kecepatan start-up.

Di Opera 43, pengembang menghadirkan fitur baru yang disebut dengan instant page loading. Di versi sebelumnya Opera sudah mencoba melakukan hal yang sama, tapi di Opera 43 ada perlakuan istimewa yang membuat kecepatan browser terasa meningkat lebih signifikan. Di versi ini Opera akan memprediksi halaman mana yang akan diketik dan dikunjungi dan secara instan menjalankan halaman di belakang layar sebelum tombol enter ditekan.

Fitur ini disebut mampu belajar dan berkembang seiring penggunaan, jadi jangan heran jika saat pertama dipakai Opera belum memberikan performa yang dijanjikan. Tapi semakin sering digunakan, fitur instant page loading akan menunjukkan kinerja yang membaik seiring waktu. Ketika berada dalam puncak performa, fitur tersebut bahkan mampu memprediksi halaman asli yang disembunyikan dengan URL alternatif atau singkatan.

Di versi ini Opera juga mulai menerapkan Profile Guided Optimization, yaitu sebuah teknik baru yang membantu meningkatkan performa saat browser pertama kali dijalankan. Fitur ini bekerja dengan cara membantu Opera mempelajari skenario penggunaan sumberdaya paling penting sehingga browser mampu bekerja optimal dengan beban prosesor yang minimum. Berkat kehadiran fitur ini, Opera 43 diklaim berjalan 13% lebih cepat ketimbang versi sebelumnya.

Fitur-fitur terbaru Opera 43 di atas tampaknya menghadirkan banyak perubahan menyenangkan bagi pengguna setianya, dan seharusnya cukup kuat untuk menggoda pengguna baru yang ingin mencoba suasana baru. Opera 43 dapat diunduh secara gratis di tautan ini.

Sumber berita Opera.