Categories

Gadget

Update Software 5.50 PlayStation 4 Difokuskan Pada Pengelolaan Waktu dan Update UI

Fitur pengelolaan waktu sepertinya merupakan perluasan dari fungsi Family on PSN.

Yoga Wisesa - 7 February 2018

Memasuki tahun kelima perjalanan PlayStation 4, console generasi kedelapan punya Sony Interactive Entertainment itu telah memperoleh 11 kali pembaruan software. Upgrade ke versi 5.0 yang diimplementasikan pada bulan Oktober silam memperkenalkan fitur Family on PSN, pengelolaan daftar teman, perluasan opsi kustomisasi broadcast ke Twitch, dan lain-lain.

Dan di tanggal 6 Februari kemarin, Sony menyingkap segala konten yang akan dibawa oleh update sistem PlayStation 4 ke versi 5.50 - diberi codename 'Keiji'. Kali ini, pembaruan difokuskan pada pengelolan waktu, yang sepertinya merupakan perluasan dari Family on PSN. Aspek user interface juga mendapatkan penyempurnaan, termasuk pada quick menu, hingga notifikasi. Detailnya bisa Anda simak di bawah:

 

Play Time Management

Fitur ini memperkenankan orang tua atau gamer dewasa menentukan waktu bermain anak-anak. Cara menggunakannya sangat mudah, Anda tinggal membuka Settings lalu memilih Family Management dan log-in untuk mencari tahu seberapa lama si buyung bermain dalam sehari. Jika dibutuhkan, Anda bisa menerapkan pembatasan waktu bermain - misalnya satu jam di hari sekolah.

Tentu ketika waktu habis, sistem tidak tiba-tiba berhenti. Anak-anak akan diberi notifikasi untuk segera melakukan save dan keluar dari permainan. Jika kebetulan dia sudah menyelesaikan PR-nya, sang wali bisa menambah waktu bermain via smartphone atau PC.

 

Update UI Library

Akan ada dua tab baru dibubuhkan pada Library sehingga lebih mudah bagi Anda untuk melihat app-app apa saja yang telah dibeli (bertuliskan nama avatar Anda) dan diinstal (This PS4). Pembaruan juga menambahkan tab PS Plus, menunjukkan game-game yang Anda miliki dari layanan PlayStation Plus. Saat permainan kadaluarsa, akan muncul icon gembok.

 

Pembaruan Quick Menu

 

Nantinya, Anda bisa mengakses nama teman yang diinginkan cukup dengan menarik tab Friends di Quick Menu. Lalu sewaktu sedang mendengarkan musik di PlayStation 4, Anda juga dapat mengakses fungsi shortcut tertentu dari sana. Contohnya tombol kotak buat mengendalikan volume di Spotify atau tombol segitiga untuk mengaktifkan fungsi play/pause di Media Player.

 

Musik background

Dengan fitur Background Music, Anda dapat men-streaming game di PlayStation Now sembari menikmati lagu.

 

Notifikasi

Anda akan dipersilakan menghapus notifikasi lama dari menu Option.

 

Wallpaper

Fungsi ini memperkenankan pengguna mengimpor gambar wallpaper pilihannya sendiri dari flash drive ke PlayStation 4.

 

Kustomisasi page Tournaments

Anda bisa mengubah latar belakang di laman Tournaments dengan gambar atau logo pilihan Anda. Metodenya sama seperti wallpaper.

 

Mode Supersampling di PS4 Pro

Pemilik PlayStation 4 Pro akan menemukan mode supersampling di menu Settings. Dengan mengaktifkan mode ini, game-game yang mendukung 4K di-render di resolusi tersebut, lalu disesuaikan dengan HDTV Anda. Metode ini membuat gambar jadi lebih tajam dan jernih meskipun Anda tidak mempunyai TV 4K.

-

Sony belum mengungkapkan kapan sistem update 5.50 PlayStation 4 akan diimplementasikan secara luas, namun versi 'belum rampungnya' sudah bisa dijajal oleh peserta program beta.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter