14 April 2016

by Bambang Winarso

Telegram untuk iOS dan Android Makin Kece dengan Wajah Baru

Hadirkan fitur pratinjau untuk stiker, tampilan sharing baru dan tentu saja wajah yang lebih manis

Kabar baik datang dari tim pengembang Telegram yang baru saja menggulirkan sederet fitur anyar untuk aplikasinya. Update terbaru ini beberapa dihadirkan untuk platform iOS dan sebagian lainnya ditujukan untuk perangkat Android.

Interface Sharing Baru

update Telegram untuk iOS

Perubahan paling menonjol ada pada sisi interface aplikasi terutama untuk platform iOS ketika membagikan foto ataupun video ke dalam jendela percakapan. Di panel tersebut pengguna dapat menambahkan komentar barang sepatah atau dua patah kata. Prosedur dan panel yang sama juga berlaku ketika berbagi ke aplikasi lain.

Pemutar Video Baru

Tampilan pemutar video telegram terbaru

Wajah baru juga dihadirkan oleh Telegram untuk pengguna yang gemar memutar video. Telegram menghadirkan pemutar video dengan desain baru, warna yang lebih kalem, dan ringkas tak membutuhkan banyak proses sentuhan. Player ini dapat memutar video YouTube ataupun layanan video streaming lainnya.

Pratinjau Stiker, Gif dan Konten Bots

Berlanjut, sentuhan baru juga diterapkan oleh Telegram ke bagian stiker dengan tambahan fitur pratinjau. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat rupa stiker dalam ukuran yang lebih besar sebelum dikirimkan ke dalam jendela percakapan.

https://telegram.org/resources/video/GIFs.mp4

Tak hanya stiker, fitur preview juga berlaku untuk gambar gif dan konten-konten yang disarankan oleh bots. Beberapa perintah yang bisa dipakai antara lain @gif, @sticker dan @coub.

Desain Baru untuk Android

Desain baru Telegram untuk Android

Sementara untuk platform Android, Telegram memberikan kabar gembira berupa wajah baru yang lebih segar. Tampilan jendela percakapan dibuat lebih menarik, ada warna baru yang lebih kalem, beberapa perubahan pada tombol dan juga pesan balon yang dipoles lebih enak dipandang.

Sumber berita Telegram.