12 February 2015

by Oki Rosgani

Update Terbaru Aplikasi HERE Maps Siap Hadir di Android dan Windows Phone

GPS atau Global Positioning Sistem awalnya merupakan perangkat yang hanya terbatas digunakan untuk keperluan miilter saja, namun dalam perkembangannya, perangkat GPS telah menjadi perangkat yang banyak digunakan oleh masyarakat sipil untuk berbagai keperluan.

Di era informasi sekarang ini, keberadaan smartphone telah menjadi sebuah perangkat serba lengkap dengan tambahan fitur yang sangat kompleks. Tidak hanya menawarkan kamera dan pemutar musik saja, sebuah smartphone saat ini telah pula dijejali dengan fitur GPS. Fitur ini memungkinkan smartphone menjadi perangkat personal navigation device yang bisa memandu sekaligus memberikan saran mengenai jalur mana yang harus digunakan saat penggunanya bepergian.

 

Informasi Menarik: HERE Community Expert Indonesia Paling Aktif Berkontribusi Secara Global di Tahun 2014

 

Meski divisi perangkat dan layanan mobile mereka telah diakuisi oleh Microsoft, namun Nokia masih punya produk lain yang mereka kembangkan, salah satunya adalah layanan navigasi yang kini dikenal dengan nama Nokia HERE Maps. Ini adalah sebuah layanan navigasi yang memanfaatkan basis teknologi cloud-computing yang dilengkapi dengan penuntun arah dalam bentuk suara yang kini lebih dioptimalkan bagi pengguna di seluruh dunia

Baru-baru ini Nokia telah merilis pembaharuan untuk aplikasi Nokia HERE Maps untuk pengguna smartphone dengan platformAndroid dan Windows Phone.

 

Informasi Menarik:Update Layanan Here dari Nokia Mudahkan Penggunaan Layanan Peta Secara Offline

Update terbaru menghadirkan dukungan untuk fitur navigasi turn-by-turn untuk wilayah baru (Cyprus, Mayotte dan Zimbabwe), peningkatan coverage peta di beberapa wilayah serta penambahan fitur yang lebih lengkap dalam menunjukan area atau kawasan berair seperti sungai, danau dan kolam.

Beberapa informasi untuk transportasi publik juga telah ditambahkan terutama untuk area transportasi yang berada di kawasan Kaohsiung, Taipei, Curitiba, Rio de Janeiro, São Paulo dan Singapura, sehingga jalur transportasi kereta, monorel dan trem menjadi lebih informatif bagi pengguna jasa transportasi di daerah tersebut.

Pembaharuan ini akan tersedia untuk semua pengguna di seluruh dunia, notifikasi keberadaan update akan dikirimkan ke masing-masing perangkat secara otomatis. Menariknya, aplikasi ini ditawarkan secara cuma-cuma alias gratis.

Sumber: AndroidCentral | Gambar Header: ilustrasi peta via Shutterstock