5 December 2016

by Bambang Winarso

Line Terbaru Bisa Otomatis Menghapus Postingan dan Mention Teman

Selain tambahan fitur baru, tampilan timeline juga dirombak di beberapa bagian

Aplikasi pesan instan Line kembali menggulirkan update terbaru untuk platform Android dan juga iOS. Di Line versi 6.9.0 yang ditujukan untuk pengguna Android, pengguna bakal mendapati sejumlah fitur baru, antara lain opsi untuk menghapus postingan secara otomatis dalam waktu satu jam, teks yang lebih besar, dan menyukai komen atau sebaliknya melaporkan komentar menyerang.

Fitur menghapus foto secara otomatis atau self-destruct jika diaktifkan secara default akan bekerja dalam waktu 1 jam. Tapi, di panel pengaturannya Anda bisa mengubah rentang waktunya menjadi 6 jam jika diinginkan. Untuk Anda yang tak menyukai jika timeline dipenuhi postingan, atau karena alasan lainnya, fitur ini akan sangat membantu membersihkannya secara terjadwal.

Kemudian jika diperhatikan dengan seksama, posisi stiker sekarang diletakkan di bagian bawah layar, dan dukungan mention menggunakan simbol @ seperti yang dijumpai di sebagian besar layanan jejaring sosial.

Timeline di aplikasi Line juga mendapatkan rombakan yang cukup signifikan. Line kini secara bertahap mulai beranjak tidak hanya sebagai aplikasi pesan tapi juga jejaring sosial layaknya Facebook dan Twitter. Jadi, sekarang di Line Anda bisa menyukai postingan seorang teman, berinteraksi dengan memberikan komentar atau melaporkan akun tertentu yang dianggap melakukan penyerangan dengan kata-kata kasar dan sebagainya.

Dalam kasus tertentu, misalnya Anda ingin menyatakan suatu pendapat dengan lantang, Line juga memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran teks menjadi lebih besar. Dengan begitu, pernyataan Anda menjadi lebih jelas dan mudah dibaca.

Perubahan baru ini mulai digulirkan pada awal Desember kemarin, giliran pertama jatuh ke Android. iOS menyusul belakangan.

Khusus untuk iOS, Line menambahkan stiker suggestion yang bekerja memberikan saran stiker berdasarkan apa yang diketik oleh pengguna. Dengan banyaknya pilihan stiker yang tersedia, fitur ini akan membuat proses mengetik sekaligus memilih stiker menjadi efisien.

Sumber berita LineΒ dan gambar header YouTube.