20 August 2013

by Bambang Winarso

Update Terbaru YouTube Untuk Android Hadirkan Fasilitas Cari Playlist dan Fitur Baru 'Picture in Picture'

Setelah merilis Google Chromecast beberapa saat lalu, sudah hampir dipastikan Google juga mempersiapkan update terbaru atas layanan mereka guna integrasi yang lebih baik, terbukti hari ini Google merilis update terbaru aplikasi YouTube versi untuk Android dengan berbagai hal baru seperti 'picture in picture', antrian TV dan pencarian playlist. Kita akan ulas satu persatu, apa-apa saja ditawarkan dan kelebihannya.

Fitur baru paling krusial yang dihadirkan Google adalah 'picture in picture', fitur ini memungkinkan pengguna untuk tetap menjelajahi video di YouTube sambil menonton video lain yang menarik perhatian Anda. Tidak hanya itu, Google juga menambahkan perubahan besar terhadap kemampuan aplikasi dalam memproses beberapa aktifitas secara bersamaan sehingga pengguna dapat dengan mudah me-minimize layar sambil menjelajahi kanal atau mencari video tertentu.

Dengan update terbaru ini Anda cukup geser layar video yang sedang berjalan ke bawah untuk meminimize video. Dari sana sobat bisa melakukan aktivitas lain misalnya mencari video lain atau meng-update playlist. Jika ingin kembali menonton video yang tadi sobat minimize, geser ke atas dan layar video akan muncul kembali.

Selain fitur 'picture in picture' Google juga menghadirkan kemampuan aplikasi untuk menemukan kanal untuk disimpan ke dalam playlist sebagai koleksi dan nantinya dapat diputar. Fitur ini memang bukan hal baru bagi pengguna YouTube, sobat pastinya sudah sering menggunakan fitur ini di versi desktop. Namun kehadirannya di Android sudah barang tentu menjadi kesenangan tersendiri karena kini terhubung ke berbagai kanal video dan meng-update playlist jauh lebih mudah.

Update terbaru Youtube For Android ini juga menjadi langkah lanjutan atas peluncuran Google Chromecast, di mana kini terintegrasi dengan tombol Cast dengan tampilan layar preview yang akan memberikan informasi ketika perangkat telah terhubung. Terakhir, penambahan fitur baris video yang lebih banyak guna memanjakan pengguna.

Saat ini update hanya tersedia untuk Android, meskipun belum ada informasi kapan akan menghampiri iOS namun Google sudah mengisyaratkan seluruh platform akan mendapatkan jatah update dalam waktu dekat. Yang sudah tidak sabar ingin mencicipi update terbaru Youtube For Android bisa unduh aplikasi di sini.

Sumber berita Techcrunch dan gambar header Dailysocial.