17 July 2014

by Bambang Winarso

Update Windows Phone 8.1 Lumia Cyan Resmi Digulirkan

Update teranyar Windows 8.1 Lumia Cyan akhirnya bergulir untuk semua perangkat di belahan dunia manapun. Minggu lalu memang update yang sama sempat dirilis oleh Microsoft, namun tampaknya masih dalam tahap ujicoba untuk negara-negara tertentu.

Namun kini dipastikan semua pengguna Nokia Lumia sudah bisa mencicipi update Windows 8.1 dan fitur-fitur terbaru yang terdapat di dalamnya.

Kabar peluncuran update Windows 8.1 Lumia Cyan sempat jadi hiasan headline berbagai media sejak beberapa bulan terakhir. Namun mulai hari ini, seluruh pengguna Nokia Lumia dapat merasakan semua fitur yang dibawa oleh Windows 8.1. Tidak hanya itu, perangkat Lumia juga mendapatkan jatah fitur ekslusif untuk model tersebut.

Seluruh perangkat yang berjalan dengan Windows Phone 8 dipastikan mendapat jatah update, namun pengguna masih harus mencoba untuk mengunduh update tersebut untuk mengetahui dukungan perangkat.

 

Info Menarik: Menjelang Lebaran, Smartfren Umumkan Berbagai Promo, Bonus dan Peningkatan Layanan

 

Ada beberapa fitur yang mendapatkan sorotan di update kali ini. Misalnya fitur asisten digital bernama Cortana, kemudian fitur lain yang tak kalah menarik adalah keyboard Word Flow serta notification center. Bukan hanya itu, di sisi tampilan Windows 8.1 juga memperoleh sentuhan yang lebih segar dan inovatif. Di bagian home screen pengguna dapat memasang gambar latar sesuai keinginan, ditambah keleluasaan untuk menambahkan tile bila diperlukan.

Microsoft juga melakukan rombakan integrasi antara Skype, RCS dan perangkat Nokia. Di mana kini pengguna dapat beralih dari panggilan konvensional ke panggilan Skype hanya dengan satu kali sentuh. Dukungan RCS (Rich Communication Services) jadi sajian pelengkap yang menyempurnakan fitur komunikasi di perangkat Windows Phone 8.1.

Sementara itu update Lumia Cyan tak kalah menggoda, di mana Microsoft menyertakan tool yang punya kemampuan untuk mengumpulkan data untuk layanan fitness. Bluetooth 4.0 LE ditanamkan pula di dalamnya, ditambah dengan dukungan miracast dan perbaikan logaritma kamera sehingga menawarkan performa yang lebih baik ke perangkat Lumia. Fitur terakhir dirancang untuk Lumia Icon, Lumia 1520 dan Lumia 930.

Dikutip dari Ubergizmo, Microsoft memastikan update Windows 8.1 Lumia Cyan sudah dapat diunduh mulai hari ini untuk semua perangkat Lumia yang mendukung OS ini. Meski demikian Anda bisa menuju tautan ini untuk mengecek negara atau wilayah yang telah mendapatkan update ini.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar header Geekthem.