7 June 2016

by Yoga Wisesa

Update Xbox One Baru Kian Dekatkan Console dan PC, Hadirkan Cortana ke Xbox

Game-game PC diperkenalkan ke Xbox Live, Xbox serta Windows Store digabungkan, dan Cortana turut dibawa ke console current-gen tersebut.

Meski mayoritas gamer PC menikmati hobi mereka di Windows, Valve dan Steam-nya malah menjadi ikon PC gaming. Tentu saja pencipta Windows tidak tinggal diam, sudah cukup lama mereka berupaya merebut perhatian khalayak dari penyedia layanan distribusi digital terbesar di dunia itu, termasuk mencoba membuat Xbox One jadi lebih menyerupai PC.

Via Xbox Wire, Microsoft mengungkap konten update Xbox One yang akan tiba sebentar lagi. Pertama-tama permainan-permainan PC diperkenalkan ke Xbox Live, lalu Xbox serta Windows Store digabungkan, dan yang jadi berita terbesarnya: Cortana turut dibawa ke console current-gen tersebut. Fitur-fitur ini dapat dijajal oleh peserta program Xbox One Preview, dapat diakses beberapa minggu lagi.

Di Xbox One, Cortana akan datang di kawasan Amerika, Inggris, Itali, Jerman dan Spanyol terlebih dulu; dan bekerja layaknya di device Windows 10 lain. Headset dan Kinect jadi mendukung perintah suara ('hey Cortana!'), dan Anda bisa memanfaatkan Cortana untuk mencari judul-judul permainan baru dan kawan-kawan seperjuangan, serta buat mengaktifkan console.

Interface Game Collection juga di-update sehingga lebih mudah menemukan serta masuk ke game. Microsoft tak lupa membubuhkan fitur friendfinder, di mana proses add friend Facebook bisa dilakukan lewat akun Xbox Live. Kemudian prosedur sharing screenshot, video, serta achievement turut disederhanakan, dapat dilakukan dalam beberapa langkah saja.

Melalui update tersebut, Microsoft bermaksud 'membawa' judul-judul populer di PC seperti League of Legends dan XCOM 2 ke komunitas Xbox Live. Artinya, game-game itu akan mempunyai Game Hubs sendiri di Xbox Live. Anda bisa melihat permainan apa yang sedang dimainkan kawan-kawan, sembari chatting dan sharing gambar melalui PC, Xbox ataupun smartphone.

Untuk penggabungan Store Xbox dan Windows, Microsoft mengadopsi elemen-elemen terbaik dari kedua platform. Di Xbox One, interface jadi lebih simpel, sehingga gampang bagi kita buat mencari tahu harga serta membaca review dari sesama gamer. Di Windows Store, Microsoft menambahkan dukungan untuk browsing, membeli permainan bundel, game episodik, season pass, dan add-on lain, serta menukarkan uang virtual.

Microsoft juga menghadirkan fitur Activity Feed (banyak diminta oleh user). Melalui menu setting baru, Anda dipersilakan memutuskan informasi yang diinginkan.

Update akan hadir di musim panas tahun ini, dan Microsoft mengusung pendekatan serupa yang mereka gunakan di New Xbox One Experience - menawarkan opsi dan membiarkan pengguna memilih sendiri cara mereka berpartisipasi.