Categories

Internet

Update YouTube Live Fokus Pada Pemangkasan Latency dan Kemudahan Moderasi

Developer mencoba menyempurnakan proses interaksi antara streamer dan penonton, serta menyediakan sejumlah tool moderasi.

Yoga Wisesa - 6 September 2017

Google telah berkali-kali menguji kemampuan live stream YouTube lewat konser-konser musik hingga pidato kepresidenan, hingga developer betul-betul merasa yakin untuk mengintegrasikan kemampuan tersebut di platform video sharing mereka. Sejak tersedia, tim YouTube sudah menggulirkan banyak pembaruan, dari mulai implementasi ke perangkat mobile hingga peluncuran dukungan resolusi 4K.

Dan dalam update terbarunya, tim YouTube memfokuskan perhatian mereka pada beberapa aspek: kecepatan, kemudahan pemakaian dan kesederhanaan akses. Langkah-langkah yang developer lakukan adalah memperbaiki interaksi antara streamer dan penonton, menyediakan sejumlah tool buat memudahkan moderasi chat, serta menyederhanakan prosedur stream dari iPhone atau iPad.

Fitur baru dan salah satu yang terbesar di sana adalah kehadiran opsi ‘ultra-low latency‘ saat streaming. Kemampuan ini ditujukan untuk meminimalkan lag hingga ke beberapa detik saja, sehingga software atau encoder third-party tak lagi diperlukan. Berkat fitur tersebut, streamer bisa merespons pertanyaan penonton hampir seketika, serta tentu saja memperoleh lebih banyak masukan.

Selanjutnya, YouTube memperkenalkan tiga tool buat memoderasi chat. Pertama ada ‘inline moderation‘, yang mempersilakan Anda menghentikan sejenak chat feed cukup dengan menekan tombol alt/option. Ketika feed sedang dihentikan, Anda bisa menyetujui atau menghapusnya via klik mouse. Kita juga dapat memilih moderator, sehingga orang-orang yang Anda percayai bisa membantu mengelola chat (menghapus, flag atau menyembunyikan pesan).

Selanjutnya, YouTube juga dapat ‘menahan’ pesan-pesan yang menyimpan konten negatif; menunggu keputusan Anda untuk menyetujui, menghilangkan atau melaporkannya. Kapabilitas paling unik di sana adalah: semakin banyak Anda me-review pesan-pesan tersebut, sistem akan kian pintar dalam mengidentifikasi tipe pesan yang mungkin kurang Anda sukai. Pengguna juga bisa memblokir kata-kata atau kalimat tertentu.

Tool ketiga adalah fitur yang memperkenankan para moderator pilihan menggunakan hidden users list yang sama, dan nantinya, daftar tersebut bisa bekerja dengan live chat serta komentar.

YouTube juga punya kabar gembira bagi pengguna iDevice. Melalui update anyar ini, Anda bisa melakukan live stream sesi menggambar di Procreate, permainan Asphalt 8 dan match di Vainglory, serta aplikasi-aplikasi yang telah didukung Apple ReplayKit. Kita juga dapat memanfaatkan mic dan kamera depan di smartphone untuk memasukkan video sembari memberikan komentar secara lisan.

Sumber: YouTube Creator Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter