9 September 2016

by Bambang Winarso

Update YouTube untuk Android Pindahkan Menu Navigasi dari Atas ke Bawah

Menu-menu seperti home, trending, subscription, shared, dan account kini ditampilkan di bagian bawah interface

Tim pengembang YouTube kembali melakukan rombakan yang tampaknya difokuskan pada sisi interface perangkat. Berdasarkan informasi yang dirilis oleh AndroidPolice, YouTube untuk Android kini menampilkan baru navigasi baru yang dirilis secara bertahap tanpa melalui peluncuran versi baru. Artinya perubahan ini bisa ditemukan oleh pengguna tanpa prosedur update secara manual.

Pembaruan anyar tersebut mengalokasikan ulang menu navigasi dari atas ke bagian bawah interface. Menu yang dimaksudkan adalah menu home, trending, subscription, shared, dan account. Sementara itu, warna menu bar juga diubah dari latar belakang merah menjadi warna putih dengan warna indikator tab tetap berwarna merah. Sejauh ini itu dua perubahan signifikan yang dihadirkan oleh tim.

Perubahan ini tampaknya masih dalam tahap awal. Penulis sendiri saat ini sudah menggunakan versi terbaru, yakni 11.33.58 namun belum dapat menjumpai menu navigasi baru yang disebutkan oleh AndroidPolice.

Dalam beberapa bulan terakhir YouTube terbilang rajin mengotak-atik interface aplikasinya. Pada bulan Juli lalu YouTube mengubah desain komentar di platfom Android. Kemudian mereka juga meluncurkan tatap muka baru yang menampilkan likes,dislikes, replies yang dimungkinkan untuk disortir berdasarkan preferensi penggunanya. Dan beberapa minggu lalu YouTube juga menambahkan layout baru dan animasi ketika pengguna menampilkan deskripsi video. Secara umum, perubahan di platform Android ini menjadikannya selengkap platform desktop.

Sumber gambar header Pixabay.