Categories

Gadget

Uppfinr Holo Dapat Mengubah Smartphone atau Tablet Anda Menjadi Proyektor Hologram

Mirip seperti versi DIY, tapi wujudnya lebih elegan dan proyeksinya diklaim lebih realistis

Glenn Kaonang - 11 February 2016

Meski konsep hologram sudah dipopulerkan sejak lama – salah satunya oleh Princess Leia di film Star Wars – sebagian dari kita masih beranggapan bahwa proyeksi hologram membutuhkan teknik yang rumit dan melibatkan perangkat berharga mahal. Padahal kita sudah bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang amat sederhana; hanya melibatkan sebuah smartphone dan casing CD bekas.

Panduan DIY-nya banyak tersebar di YouTube, salah satu yang paling sederhana adalah unggahan userMrwhosetheboss. Kendati demikian, kalau Anda tak puas dengan hasilnya, Anda bisa melirik perangkat besutan startup Uppfinr asal Australia ini.

Dinamai Holo, perangkat ini pada dasarnya merupakan versi simpel dari proyektor hologram. Proses rancangannya tidak jauh berbeda dari yang ada di video tutorial di YouTube tadi, akan tetapi eksekusinya benar-benar dijalani secara mendetail.

Holo hadir dalam dua varian: satu untuk smartphone dan satu lagi untuk tablet. Yang menarik dari Holo adalah ia dikemas dalam kotak transparan, dimana kita tinggal menempatkan smartphone atau tablet di permukaan atas atau bawahnya yang datar, tanpa perlu repot-repot menyeimbangkannya terlebih dulu.

Beragam konten videonya sendiri bisa Anda dapatkan dari YouTube. Cukup search dengan kata kunci "hologram video" atau sejenisnya, putar videonya, lalu tempatkan perangkat di atas atau bawah Holo dan bagian piramidnya akan menampilkan gambar hologram secara instan.

Komponen piramidnya ini dibuat dari bahan plastik polimer yang amat reflektif. Hal ini tak hanya membuat proyeksi hologram tampak lebih realistis, tetapi juga membuat proyeksinya bisa dilihat dengan jelas meski sedang berada di ruangan yang terang.

Selain tentu saja terlihat keren, bentuk Holo yang elegan membuatnya ideal dijadikan sebagai dekorasi ruangan, apalagi kalau Anda punya smartphone yang tidak terpakai. Tempatkan mereka di atas meja di sebelah ranjang, maka Anda punya lampu tidur yang paling keren.

Uppfinr memasarkan Holo lewat Kickstarter seharga $19 untuk versi smartphone dan $28 untuk versi tablet. Anda bisa saja tidak mengeluarkan biaya sama sekali kalau menempuh jalan DIY, tapi proyeksi hologramnya mungkin tidak bisa secantik yang ditampilkan Uppfinr Holo.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter