Saat menemukan sebuah video YouTube yang menarik, kita sudah terbiasa menunjukkannya ke pasangan, teman ataupun orang-orang lain yang dekat dengan kita. Kalau mereka sedang tidak berada di sekitar, sharing link lewat aplikasi pesan instan atau media sosial pun jadi alternatif andalan.

Masalahnya, kita jadi tidak bisa tahu seperti apa reaksi mereka selagi menonton. Ibarat nobar pertandingan sepakbola, kita ingin terhibur bersama, tertawa terbahak-bahak bersama, dan ini hanya bisa didapat saat fisik kita berada di satu tempat yang sama.

Namun sejumlah karyawan Google berpendapat berbeda. Di waktu luangnya, mereka menggarap sebuah aplikasi bernama Uptime. Aplikasi ini dirancang supaya kita bisa menonton YouTube bersama teman di mana pun mereka berada secara real-time.

Video yang disajikan Uptime semua berasal dari YouTube. Saat sebuah video diputar, progress bar-nya tidak muncul di bawah, melainkan mengitari video tersebut. Pada progress bar ini, Anda bisa melihat iconicon kecil yang bergerak searah jarum jam. Iconicon ini adalah semua pengguna yang sedang menonton video tersebut.

Dengan cara seperti ini, Anda bisa langsung tahu teman Anda sudah menonton sampai bagian mana, dan Anda sekalian pun bisa memberikan reaksi seperti tertawa, menangis, dan lain-lain. Chatting pun juga bisa dilakukan secara real-time, dimana akan muncul chat bubble di atas icon pengguna yang mengucapkannya.

Elemen sosial memegang peranan penting dalam Uptime. Anda bisa mem-follow pengguna lain untuk melihat video apa saja yang sedang ditontonnya, serta membagikan video-video YouTube favorit Anda. Sayangnya Uptime untuk sementara baru tersedia untuk iPhone dan baru di Amerika Serikat saja.

Sumber: The Next Web dan Uptime.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.