1. Entrepreneur

10 Ide Usaha yang Dapat Anda Mulai dengan Modal 500 Ribu

Simak ide bisnis dengan modal 500 ribu berikut ini.

Tidak perlu punya banyak uang untuk membuat bisnis. Sekarang, Anda bisa membuat usaha kecil dengan modal Rp 500.000, lho.

Mengapa bisa begitu? Alat dan teknologi yang tersedia saat ini membantu Anda untuk memulai dan menjalankan usaha dengan cepat dengan modal sedikit. Dengan modal 500 ribu saja, Anda bisa menjalankan usaha dari rumah saja.

Nah, kira-kira ide usaha dengan modal Rp500.000 seperti apa yang bisa Anda lakukan? Yuk, kita cari tahu di artikel kali ini!

Usaha Kecil Dengan Modal 500 Ribu 

OnlineSeller

Credit Photo by Christin Hume on Unsplash

Anda bisa menjual produk dari pakaian jadi, aksesori HP dan laptop, ataupun buku dengan beroperasi secara mudah melalui online.

Tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk inventaris awal, Anda bisa membeli produk bisnis Anda secara online atau di toko grosir.

Untuk online store-nya, Anda bisa menggunakan : 

  • WhatsApp Business dan media sosial (Instagram, TikTok, Facebook)
  • Membuat website sendiri dengan menggunakan Shopify, Lakoo, Squarespace, dan sebagainya.

Jual Produk Digital

Anda punya kemampuan mendesain? Kalau begitu, manfaatkan skill Anda untuk mendapatkan cuan.

Bagi yang belum tahu, produk digital adalah produk yang hanya ada di digital atau tidak memiliki bentuk fisik. Misalnya, poster digital, banner, logo, kartu bisnis, template untuk media sosial, dan sebagainya.

Terdapat dua cara yang bisa Anda pilih. Pertama, Anda bisa menjual produk digital di salah satu platform, seperti Etsy

Anda hanya perlu mendesain sekali produk digital Anda, dan bisa menjualnya berkali-kali tanpa perlu mengirimkannya ke pelanggan Anda. Sebab, setelah membeli pelanggan akan mengunduh produk digital tersebut.

Kedua, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan desain Anda di Fiverr, UpWork, Projects.co.id, ataupun Sribulancer.

Affiliate 

Credit Photo by Freepik

Affiliate marketing atau afiliasiadalah bisnis online dimana afiliasi mendapatkan komisi dari menjual produk orang atau perusahaan lain, dengan syarat pelanggan yang membeli produk tersebut harus menggunakan kode referral.

Hanya bermodalkan ponsel dan juga kreativitas membuat konten, Anda bisa mengajak orang lain untuk berbelanja dari link yang Anda bagikan. Anda bisa mendaftar menjadi afiliasi di Shopee, Tokopedia, Lazada, Accestrade, dan sebagainya.

Dropshipper

Jika Anda tidak memiliki uang yang banyak dan sebisa mungkin tidak mengeluarkan uang untuk beli barang, Anda bisa menjadi seorang dropshipper.

Jadi, dropship adalah adalah bisnis online dimana Anda menjual produk orang lain, Anda tinggal meneruskan pesanan produk yang kamu jual ke supplier, dan nantinya supplier akan mengirimkan produk tersebut ke pelanggan atas nama Anda.

Untuk mengaktifkan dan menjalankan toko menggunakan metode ini, yang perlu Anda bayar hanyalah langganan domain dan biaya yang terkait dengan penggunaan platform atau dropshipping. 

Anda bisa menjadi dropshipper di Jakmall. Bahkan, platform tersebut memiliki program Jakmall Dropship Afiliasi, yang mana Anda akan menjadi seorang afiliasi dengan sistem penjualannya seperti dropship.

Penerjemah 

Credit Photo by Rawpixel.com on Freepik

Jika Anda fasih berbahasa lain, Anda dapat dengan mudah memulai layanan terjemahan. Banyak permintaan dari komunitas medis, hukum, penerbitan, individu atau perusahaan lainnya mencari orang yang dapat menerjemahkan informasi dari bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia ataupun sebaliknya. 

Kemungkinan Anda hanya perlu mengeluarkan biaya awal, jika Anda membuka jasa di website. Tetapi, bila Anda mempromosikannya lewat media sosial tidak perlu mengeluarkan biaya di awal.

Jasa Transfer dan Top Up 

Sebagian besar masyarakat masih belum menggunakan m-banking, sehingga harus pergi ke ATM untuk berbelanja.

Dengan membuka jasa transfer dan top up saldo, Anda bisa memudahkan ibu-ibu yang ingin berbelanja online. Tips untuk melakukan jasa ini adalah memberikan tarif jasa sebesar 2 ribu hingga 5 ribu tiap sekali transfer.

Bisnis Thrifting 

Credit Photo by Emma Rahmani on Canva

Usaha kecil dengan modal sedikit lainnya ialah thrifting atau menjual barang bekas. Barang bekas seperti pakaian, sepatu, tas yang masih bagus bisa Anda jual kembali.

Anda bisa menjualnya secara online melalui media sosial dan platform marketplace, serta offline dengan mengikuti bazar thrift shop

Bisnis Cuci Sepatu

Modalnya kecil karena Anda hanya perlu membeli perlengkapan mencuci sepatu, sehingga membuat bisnis cuci sepatu ini bisa menjadi salah satu opsi untuk Anda.

Anda pun hanya perlu menawarkan ke teman-teman Anda ataupun melalui media sosial, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak di awalnya.

Bisnis Crafting

Credit Photo by Kaboompics .com on Canva

Jika Anda kreatif dan memiliki keterampilan tangan, Anda bisa mencoba membuka usaha crafting. Ada bermacam-macam crafting yang bisa Anda buat, seperti aksesoris perhiasan, bros, kreasi dari kain flanel dan kain perca, atau mungkin dari bahan bekas.

Cukup dengan modal 500 ribu dan mempromosikannya melalui media sosial, Anda bisa menjalani usaha ini.

Jualan Voucher Game

Terakhir, Anda bisa membuka bisnis jualan voucher game. Anda bisa mengambil peluang dari berkembangnya industri game.

Banyak orang yang ingin menjadi pemain E-Sport artinya banyak gamers yang membutuhkan voucher game untuk meningkatkan kualitas permainannya. Sebab, ada beberapa quest yang membutuhkan item khusus yang hanya bisa dibeli dengan uang. 

Anda hanya tinggal mengeluarkan modal 500 ribu dan menjual kembali ke para gamers.

Itulah 10 ide usaha kecil dengan modal 500 ribu yang bisa Anda pakai untuk memulai usaha. Pertimbangkan baik-baik usaha apa yang ingin Anda lakukan. Semoga beruntung!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again