10 Bisnis Sampingan PNS Dengan Modal Kecil

Untuk menambah penghasilan sebagai PNS, kamu juga bisa membuat usaha sampingan dengan modal kecil.

Menjadi PNS atau pegawai negeri sipil mungkin menjadi impian bagi banyak orang karena selain sebagai bentuk pengabdian kepada negara, gaji yang mencukupi, tunjangan yang beragam, dan adanya jaminan pensiunan memang cukup menggiurkan. Namun, tidak jarang juga masih banyak pegawai negeri yang membutuhkan PNS side job atau kerja sampingan.

Seperti yang diketahui bahwa kebutuhan setiap orangnya berbeda dan terkadang mengandalkan gaji PNS saja tidak cukup. Maka tidak jarang juga banyak PNS yang mencari kerja sampingan dengan modal kecil.

Namun, memangnya ada usaha sampingan PNS modal kecil yang bisa dilakukan di rumah atau secara online? Ternyata ada banyak, loh! Lowongan kerja sampingan untuk PNS. Coba kamu simak rekomendasi bisnis sampingan berikut!

10 Rekomendasi Usaha Sampingan PNS

1. Guru Les Bahasa Online

Usaha sampingan guru PNS yang pertama adalah menjadi guru bahasa asing online. Tentunya pekerjaan ini bisa dilakukan setelah pekerjaan selesai atau di hari weekend agar tidak mengganggu pekerja lainnya.

Jadi, bagi kamu yang memiliki kemampuan bahasa asing bisa menjadi guru les bahasa asing seperti Inggris, Mandarin, atau Jepang. Kemudian, untuk menekan biaya ongkos bisa dilakukan secara online.

2. Reseller 

Usaha sampingan PNS modal kecil yang kedua adalah reseller, bahkan reseller juga bisa dilakukan tanpa modal, loh! Kamu hanya perlu mencari supplier yang menyediakan sistem dropship. Sehingga, kamu hanya perlu menawarkan produk saja ke pelanggan.

3. Membuka Bisnis Usaha Kue Ulang Tahun

Saat ini banyak usaha bisnis kue ulang tahun ala Korea, yaitu kue ulang tahun berbentuk mini dengan diameter 10 cm. Nah, kalo kamu bisa membuat kue dan memiliki kreativitas dalam menghias bisa membuka bisnis kue ulang tahun ini. Sistem pemesanannya juga bisa kamu atur agar tidak mengganggu pekerjaan di kantor. Apalagi jika kantor kamu dan rumah jaraknya tidak jauh, kamu bisa membuat kuenya di pagi atau malam hari.

4. Membuka Usaha Jahit

Punya keterampilan dalam desain dan jahit? Coba untuk membuka usaha jahit, kamu bisa mengerjakannya sesuai dengan pesanan yang diterima saja. Kadang menjahit dengan bahan yang diterima oleh pelanggan juga tidak akan mengeluarkan modal yang besar, karena kamu hanya perlu memiliki mesin jahit, benang, dan beberapa aksesoris pakaian.

5. Agen Tiket 

Walaupun saat ini banyak aplikasi penyedia tiket pesawat, tetapi tidak semua orang bisa memanfaatkannya. Maka dari itu bisnis sampingan ini bisa kamu kerjakan. Kamu juga bisa mendapatkan komisi yang cukup besar juga, loh! Apalagi menjelang liburan, pasti banyak yang butuh tiket pesawat, hotel, atau tempat wisata.

6. Membuka Bisnis Online

Usaha sampingan ini mungkin sudah banyak diterapkan oleh banyak karyawan karena cukup menjanjikan, kamu juga bisa membuka bisnis online walaupun sudah menjadi karyawan PNS. Jika, memiliki modal yang tidak terlalu banyak coba untuk membuka bisnis dengan produk murah dan banyak diminati oleh masyarakat, seperti kue kering, makanan kekinian, skincare, hingga masker.

7. Menjadi MC

Punya keterampilan dalam public speaking? Kamu bisa memanfaatkannya untuk menjadi MC atau moderator di berbagai acara seperti ulang tahun, reuni, hingga MC pernikahan. Biasanya acara-acara ini juga dilakukan di hari libur Sabtu atau Minggu, bahkan banyak pernikahan yang dilaksanakan di malam hari. Jadinya kamu bisa bekerja seperti biasa terlebih dahulu.

8. Jual Pulsa dan Token Listrik

Pulsa dan token listrik adalah dua hal yang kalau habis kadang tidak terduga. Untuk itu bisnis jual pulsa dan token listrik ini bisa dijadikan sebagai usaha sampingan PNS modal kecil, karena beberapa agen atau aplikasi jual  pulsa juga ada yang tidak perlu menggunakan deposito atau modal terlebih dahulu.

9. Affiliate

Kalau kamu adalah orang yang suka bermain media sosial dan memiliki banyak pengikut, affiliatebisa menjadi penghasil cuan, loh! Apalagi bisnis model ini juga tidak membutuhkan modal, kamu hanya perlu menggiring pengunjung untuk mengunjungi website merchant melalui link referral khusus.

Kamu bisa mendapatkan komisi apabila ada pengunjung yang melakukan transaksi pembelian melalui link referral yang sudah kamu sebarkan.

10. Fotografer

Usaha sampingan PNS yang memiliki hobi motret adalah fotografer, usaha ini juga bisa kamu lakukan secara fleksibel sesuai dengan ketersediaan waktu yang kamu miliki. Biasanya teman-teman kamu pastinya akan membutuhkan fotografer untuk mengabadikan momen-momen tertentu seperti prewedding, ulang tahun anak, wisuda, hingga pernikahan. Manfaatkan momen tersebut untuk dijadikan bisnis sampingan.

Selain itu, kamu juga bisa menjual foto-foto kamu di berbagai situs foto seperti Shutterstock danIstockphoto.

Nah, itu tadi 10 rekomendasi usaha sampingan PNS dengan modal kecil. Kamu bisa memilih usaha sampingan yang sesuai dengan passion kamu dan yang tidak mengganggu jam bekerja.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again