Categories

Event

USAID dan Microsoft Kolaborasi Gelar Imagine Cup World Citizenship Competition 2015 Indonesia

Avi Tejo Bhaskoro - 23 October 2014

Perkembangan teknologi kini tentu tak hanya ditujukan bagi hiburan atau kepentingan bisnis semata. Perkembangan teknologi pun, kini dipercaya sebagai suatu hal yang dapat merubah dunia menuju ke arah yang lebih baik. Melalui semangat itu, perusahaan teknologi raksasa, Microsoft dan United States Agency International Development (USAID) berkolaborasi menggelar Imagine Cup 2015 World Citizenship Competition. Kompetisi ini terbuka bagi kalangan pelajar dan mahasiswa dalam penyediaan solusi teknologi dalam kehidupan masyarakat.

Sekilas informasi mengenai Imagine Cup. Perhelatan kompetisi global ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Microsoft untuk mencari talenta-talenta muda teknologi terbaik dari seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Kompetisi ini fokus dalam tiga kategori yakni; World Citizenship, Innovation, dan Games. Jika masih ingat, pada tahun 2013 lalu, tim perwakilan Indonesia sempat menoreh prestasi membanggakan di tahap final Imagine Cup dalam kategori Games.

Tahun ini di Indonesia, Microsoft Imagine Cup untuk pertama kalinya “kedatangan” USAID sebagai mitra lembaga yang terjun langsung ke dalam permasalahan pembangunan Indonesia. Dalam kompetisi ini, USAID berperan langsung mendampingi sekaligus menyajikan tema dan pokok permasalahan nyata yang bisa menjadi tema pengembangan produk solusi teknologi dari peserta. USAID sendiri ialah lembaga pendanaan asal Amerika Serikat yang fokus dalam alokasi pembangunan sektor pendidikan, pelayanan kesehatan, air dan sanitasi.

“Teknologi dapat memberdayakan semua orang, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pimpinan perusahaan global untuk membuat perbedaan. USAID merasa gembira memberikan dukungan untuk kompetisi teknologi yang memberdayakan orang muda untuk membuat perubahan positif pada kehidupan masyarakat Indonesia maupun di seluruh dunia,” ujar Derrick Brown, Deputy Mission Director USAID.

Dari keterangan tertulis yang kami peroleh, USAID menyediakan sembilan opsi tema yang wajib menjadi acuan pengembangan produk aplikasi perangkat lunak karya peserta dengan menggunakan platform Windows, Windows Phone, dan Windows Azure. Sembilan tema itu ialah; Accountability and Governance, Climate Change Adaptation, Biodiversity Conservation, Clean Energy, Higher Education Leadership and Research, Integrated Pest Management, KINERJA Good Governance, Sustainable Palm Oil Development, dan South-South & Triangular Cooperation.

Kompetisi Imagine Cup 2015 World Citizenship dibuka khusus bagi kalangan pelajar dan mahasiswa berusia 16-25 tahun. Dalam mengikuti kompetisi ini, peserta diharapkan telah mengembangkan produk aplikasi perangkat lunak sesuai tema yang telah siap pakai, dan bisa dipresentasikan dengan baik dalam sebuah kemasan video interaktif. Tenggat waktu pengumpulan video-nya sendiri hingga tanggal 26 Februari 2015 mendatang.

Untuk kompetisi di Indonesia, kompetisi ini menyediakan penghargaan khusus student solution award senilai Rp 50.000.000, dan tak hanya itu, peserta dari Indonesia juga berpeluang meraih grand prize senilai US$ 50.000 dari tingkat global pada kompetisi final yang menurut rencana akan diadakan di Seattle, Amerika Serikat.

[foto: Dok. DailySocial]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter