3 February 2017

by Yoga Wisesa

Usung Desain Modular, Console RetroBlox Bisa Membaca CD Maupun Cartridge Game Lawas

'Element Modules' memungkinkannya membaca game dari cartridge serta dapat tersambung ke unit controller console tua.

Ada beberapa cara untuk memuaskan rasa haus bernostalgia dengan game-game lawas: memanfaatkan emulator atau menikmati remake buatan fans merupakan metode termudah; namun tentu saja tidak sedikit orang yang menginginkan pengalaman autentik, dan mereka rela mengeluarkan banyak uang demi berburu produk seperti NES Classic Edition atau console premium.

Tentu saja tersedia alternatif lainnya. Beberapa startup sudah banyak menawarkan  hardware khusus untuk menjalankan permainan klasik, juga memanfaatkan teknik emulasi. Kekurangannya adalah, tidak ada sensasi memasukkan cartridge atau compact disc ke slot. Hal inilah yang ingin dihadirkan kembali oleh tim developer asal Los Angeles melalui diperangkat bernama RetroBlox.

RetroBlox adalah console game retro berkonsep modular. Interface unik 'Element Modules' di sana memungkinkannya membaca game dari cartridge serta dapat tersambung ke unit controller lawas. Tak hanya itu saja, RetroBlox juga dilengkapi optical disk drive yang kompatibel dengan permainan PlayStation pertama. Berkatnya, Crash Team Racing sampai Final Fantasy VII di PSX dapat dimainkan kembali.

Element Modules turut berperan sebagai sistem autentikasi. Begitu cartridge diselipkan di sana, maka game segera masuk ke koleksi digital Anda. Hebatnya lagi, fitur RetroBlox tidak kalah canggih dari console current-gen. Pengguna dapat memamerkan permainan itu di Facebook atau Twitter, serta menyiarkan sesi bermain ke platform live stream seperti Twitch dan YouTube. Proses mengganti permainan juga mudah, Anda tinggal mencabut cartridge dan menggantinya dengan game lain - tak berbeda dari NES ataupun Sega Genesis.

Permainan-permainan yang ditangani RetroBlox disuguhkan dalam resolusi full-HD melalui teknik upscale sehingga kontennya tidak terlihat kontras dengan HDTV kebanggaan di ruang keluarga Anda. Tentu saja para retrogamer hardcore tetap bisa menikmati game klasik via TV tua mereka.

Element Modules dari RetroBlox.

Console ini mengusung teknologi Hybrid Emulation, yaitu sebuah teknik membaca chip di dalam cartridge-cartridge permainan yang pada dasarnya sulit diemulasi. Berkatnya, hardware RetroBlox mendukung penuh library game klasik. Dan dengan Hybrid Emulation, sistem mampu meminimalisir keterlambatan input ketika unit gamepad tua tersambung ke Element Modules.

Hingga saat artikel ini ditulis, produsen belum menginformasikan harga dan kapan produk tersedia. Rencananya, RetroBlox akan diperkenalkan lebih resmi melalui kampanye crowdfunding di bulan April 2017 nanti. Di sana kemungkinan developer akan mengungkap pula detail teknisnya lebih lengkap.

Sumber: RetroBlox.com.