24 October 2017

by Yoga Wisesa

Usung GTX 1050, Ultrabook Gaming Stylish MSI GS63 Stealth Jadi Lebih Terjangkau

Varian baru GS63 Stealth menawarkan kombinasi dua hal mematikan: rancangan ultra-slim yang cantik dan harga terjangkau.

Keluarga GS menempati urutan kedua laptop gaming premium MSI. Ketika kelas GT dihuni oleh perangkat-perangkat dengan hardware tercanggih, GS menawarkan keanggunan desain dan portabilitas tinggi tanpa mengorbankan performa. Tapi baik notebook GT maupun GS punya satu 'kelemahan' besar: harga produk di level itu tergolong mahal untuk mayoritas gamer.

Namun ada perubahan besar dalam penyajian produk MSI sejak ketersediaan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 dan 1050 Ti. GPU mainstream tersebut membuat harga beberapa varian notebook gaming Micro-Star International jadi lebih ekonomis. Awalnya disiapkan untuk perangkat kelas GE, sang produsen hardware gaming asal Taiwan itu memutuskan buat mengimplementasikannya di GS63 Stealth.

Itu berarti, varian baru GS63 Stealth menghidangkan kombinasi dari dua hal mematikan: rancangan ultra-slim yang cantik dan harga terjangkau. GS63 bersenjata GTX 1050 tetap menyuguhkan tubuh berketebalan 17,7mm dengan rasio panjang dan lebar 380x249mm. Angka 63 pada nama mengindikasikan penggunaan layar IPS seluas 15,6-inci - bereolusi 1920x1080p dan dipadu teknologi True Color agar output warnanya akurat (72 persen NTSC, 100 persen sRGB).

GS63 Stealth GTX 1050 memiliki desain minimalis dengan dua garis menonjol ala kap mobil sport serta striping merah di sisi belakang. Laptop juga telah mengusung brand tameng naga baru yang dilapisi Corning Gorilla Glass. Di bagian depan, Anda disajikan keyboard SteelSeries yang familier, dibekali teks silver lining sehingga huruf mudah terlihat serta pencahayaan LED RGB.

Laptop diotaki prosesor Intel Core i7-7700HQ, menyimpan RAM DDR4 dual slot hingga 32GB, storage SSD NVMe M.2 128GB plus hard drive 1TB, konektivitas berteknologi Killer Double Shot Pro dengan Killer Shield; serta dibekali fitur Matrix Display (mendukung tiga layar eksternal), HDMI 1.4, mini DisplayPort 1.2 dan Thunderbolt 3 via USB type-C. Tentu saja, fungsi oleh grafis ditangani oleh GTX 1050 GDDR5 2GB.

Fitur-fitur krusial eksklusif tetap dapat kita temukan di sana. Selain Killer, Anda bisa memanfaatkan MSI Shift buat menentukan empat profile pemakaian: Eco Mode yang hemat daya, Comfort Mode, Sport Mode, hingga Turbo Mode untuk mengerahkan segenap kemampuan GPU dan CPU. MSI kembali memanfaatkan solusi pendingin Cooler Boost Trinty - menyimpan tiga kipas Whirlwind Blade dan lima pipa pengusir panas.

MSI tampaknya sudah mulai memasarkan GS63 Stealth dengan GeForce GTX 1050. Di Amazon, laptop gaming ini dijajakan seharga US$ 1.300.

Sumber: MSI.