Categories

Gadget

Usung Panel Surya Mini, Headphone Urbanista Los Angeles Sama Sekali Tidak Perlu Diisi Ulang

Spesifikasinya pun cukup bersaing dengan kebanyakan headphone wireless dengan ANC yang dirilis dalam dua tahun terakhir

Glenn Kaonang - 15 April 2021

Di tengah meledaknya tren headphone wireless dengan active noise cancelling (ANC), daya tahan baterai menjadi kriteria yang semakin diprioritaskan. Hal ini wajar mengingat ANC punya dampak yang signifikan terhadap konsumsi baterai, dan itulah mengapa belakangan ini semakin banyak pabrikan yang meluncurkan headphone ANC dengan daya tahan baterai di atas rata-rata.

Salah satu contohnya adalah Sony WH-1000XM4, yang menawarkan daya tahan baterai hingga 30 jam pemakaian dengan ANC menyala. Contoh lain yang lebih baru lagi adalah Beoplay HX besutan Bang & Olufsen, yang bisa beroperasi hingga 35 jam nonstop dalam sekali pengecasan.

Namun bagaimana seandainya ada headphone ANC yang baterainya tidak perlu diisi ulang sama sekali? Bagaimana seandainya headphone tersebut memiliki cara untuk menghasilkan energi dengan sendirinya, semisal dengan menyerap cahaya matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik?

Itulah premis di balik headphone bernama Urbanista Los Angeles ini. Pengembangnya dengan bangga menyebutnya sebagai headphone self-charging pertama di dunia, dan itu diwujudkan lewat sebuah panel surya mini yang diintegrasikan ke bagian headband. Jadi, semakin sering Anda menggunakannya selagi berada di luar ruangan, semakin besar pula energi yang dapat dihasilkan, hingga akhirnya perangkat sama sekali tidak perlu di-charge.

Menurut pengembangnya, menggunakan headphone ini di luar selama satu jam dapat menghasilkan tenaga yang cukup untuk pemakaian selama sekitar tiga jam. Kalau langitnya sedang berawan, maka tenaga yang dihasilkan agak berkurang menjadi setara pemakaian selama dua jam.

Namun yang lebih istimewa lagi, yang dapat dikonversi menjadi energi listrik sebenarnya bukan hanya sinar matahari saja, melainkan juga cahaya lampu dalam ruangan. Kalaupun berada di ruangan yang gelap, pengguna tak perlu khawatir karena baterai milik headphone berdesain over-ear ini sebenarnya bisa tahan sampai sekitar 50 jam penggunaan sebelum akhirnya benar-benar kehabisan daya.

Selebihnya, spesifikasi yang ditawarkan tergolong standar untuk sebuah headphone wireless berteknologi noise cancelling keluaran dua tahun terakhir. Reproduksi suaranya mengandalkan sepasang driver neodymium berdiameter 40 mm, sedangkan konektivitasnya sudah menggunakan Bluetooth 5.0. Transparency mode, yang pada dasarnya merupakan kebalikan dari ANC dan biasanya juga dikenal dengan istilah ambient mode, juga dapat diaktifkan dengan menekan satu tombol.

Daya tarik utamanya tentu adalah kemampuan self-charging itu tadi, dan ini tak akan bisa terwujud tanpa inovasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan bernama Exeger. Ya, panel surya mini tersebut bukanlah rancangan Urbanista sendiri, dan ini berarti ke depannya produsen headphone lain juga bisa ikut memanfaatkan teknologi besutan Exeger yang dinamai Powerfoyle itu.

Pada kenyataannya, sebelum ini Exeger malah sebenarnya sudah punya klien lain yang bahkan lebih terkenal, yaitu JBL. Menjelang akhir 2019, JBL mengumumkan sebuah headphone bernama Reflect Eternal yang dibekali teknologi Powerfoyle yang sama. Sayang sekali produk tersebut tidak pernah terwujudkan karena pandemi keburu melanda, yang secara langsung berdampak pada proses supply chain dan mengacaukan fase pengembangan sekaligus produksi.

Urbanista cukup beruntung karena markas utama mereka berada di kota yang sama dengan markas Exeger di Swedia. Rencananya, Urbanista Los Angeles akan dipasarkan mulai musim panas mendatang. Di Inggris, headphone ini bakal dijual seharga £169, kurang lebih setara 3,4 jutaan rupiah.

Sumber: Wired.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter