17 November 2015

by Yoga Wisesa

Usung Visi Value For Money, Lenovo A6010 Hadir Lewat Program Online Revolution Lazada

Aspek yang menjadi andalan sang produsen adalah desain menarik, build berkualitas, dan spesifikasi canggih.

Membahas soal smartphone entry-level di nusantara, Anda tidak akan kehabisan topik perbincangan. Perilaku konsumen jadi kian unik berkat tersedianya banyak pilihan online shop. Hal ini diakui sendiri oleh salah seorang representasi Lenovo di acara peluncuran tipe A6010 yang mereka laksanakan bersama Lazada, masih dalam momentum program Online Revolution.

Online Revolution merupakan sebuah inisiatif sekaligus ajang diskon terbesar dari sang penyedia platform belanja secara serentak di Indonesia dan sejumlah negara-negara Asia Tenggara mulai tanggal 11 November minggu lalu. Event akan terus dilangsungkan hingga sampai titik puncaknya pada Hari Belanja Online Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Desember 2015. Dan Lenovo A6010 boleh dibilang sebagai salah satu produk andalan.

Untuk melangkah ke pasar smartphone budget lokal yang sudah begitu sesak, Lenovo A6010 diusung dengan memegang konsep value for money. Sang produsen asal Beijing itu menonjolkan beberapa aspek pada produk, yaitu desain menarik, build berkualitas, dan spesifikasi canggih, demi memastikan pengguna memperoleh pengalaman mobile memuaskan. Demi mewakilkan kinerjanya secara simbolis, peresmian Lenovo A6010 dilakukan CMO Lazada Sebastian Sieber di atas kursi simulator sembari 'bermain' Asphalt 8.

Tapi bagaimana dengan prakteknya? Melalui sesi hands-on singkat, sayang sekali Asphalt 8 belum terinstal pada unit demo yang tersedia. Uji coba hanya saya tujukan pada desain dan penampilan. Untuk sebuah smartphone ekonomis, Anda mungkin tak sulit menerka bahwa tubuh A6010 didominasi material plastik, berukuran 141x70 x8,2-milimeter.

Frame gloss hitam membingkai layar IPS 5-inci beresolusi 720p. Tombol menu, back dan home kapasitif diletakkan di luar display. Ujungnya sedikit membundar, dengan cover baterai putih bertekstur garis diagonal. Material tersebut dimaksudkan supaya smartphone tidak mudah tergelincir saat Anda menggenggamnya. Lebar tujuh sentimeter memang kurang ideal buat Anda selipkan di kantong celana, namun handset cukup leluasa untuk dioperasikan satu tangan ketimbang phablet.

Melihat dari sisi belakang, modul kamera berada di pojok kiri atas. Untuk fitur fotografi utama, Lenovo telah menggunakan sensor kamera 'berstandard' modern 13-megapixel dengan kemampuan merekam video 1080p di 30fps, plus kamera depan 5-megapixel. Hal menarik yang saya temukan adalah, berdasarkan kameranya, handset lebih mirip A6010 Plus ketimbang A6010 biasa.

Di segmen hiburan, Lenovo mengunggulkan performa gaming dan audio. Sang produsen yakin system-on-chip Qualcomm Snapdragon 410 (berprosesor quad-core 64-bit Cortex-A53 1,2GHz, dipadu GPU Adreno 306 dan RAM 2GB) sanggup memastikan permainan-permainan mobile berjalan lancar. Soal ruang penyimpanan, A6010 dibekali flash memory sebesar 16GB yang bisa ditambah 32GB lagi melalui microSD.

Output suara ditopang speaker Dolby Atmos, dengan sepasang rangkaian lubang terdapat di bawah cover baterai. Penempatan ini memang cukup lazim, hanya saja audio jadi kurang optimal saat Anda memakainya secara horisontal (misalnya untuk menikmati game) karena tertutup jari.

Lenovo A6010 sudah didukung teknologi 4G LTE meski baru memanfaatkan FDD saja. Tenaga dipasok oleh unit baterai 2300mAh, dan pernak-pernik konektivitasnya tak jauh berbeda dari handset entry-level: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, GPS, radio FM, plus sensor accelerometer dan proximity.

Adrie R. Suhandi selaku country head Lenovo bilang bahwa mereka gembira dapat bermitra bersama Lazada di program Online Revolution, karena A6010 ialah salah satu handset pertama Lenovo yang diproduksi secara lokal. Melalui sedikit bincang-bincang dengan 4P Manager Anvid Erdian, persentase Tingkat Komponen Dalam Negeri A6010 masih berada di 20 persen - mereka menargetkan 40 persen.

Untuk smartphone di seri A sendiri, Lenovo telah menyiapkan tidak kurang dari enam tipe di Indonesia, yaitu A2010, A6000, A6000 Plus, A6010, A7000 dan A7000 Special Edition. Harganya berbeda tipis, antara Rp 1,35 juta sampai Rp 2,5 juta. Dan beberapa varian sengaja ditawarkan via online shop saja.

Kehadiran Lenovo A6010 eksklusif di Lazada didorong oleh suksesnya penjualan Lenovo A7000, langsung menjadi produk terpopuler begitu Online Revolution dimulai. Smartphone dijajakan melalui metode flash salepada hari selasa 17 November 2015 jam 11:00 WIB. Di sana A6010 dibanderol seharga Rp 2 juta, Rp 100 ribu lebih murah dari harga normal, disajikan dalam tiga pilihan warna - hitam, putih dan merah.