31 March 2017

by Glenn Kaonang

Uvolt Watch Adalah Power Bank yang Menyamar Sebagai Jam Tangan

Juga dibekali panel surya mini dan dukungan wireless charging

Ranah crowdfunding selalu dipenuhi dengan ide-ide unik. Bahkan produk sesederhana power bank saja bisa dibuat jadi amat inovatif, seperti contohnya Dubleup, yang tidak lain dari sebuah power bank seukuran kartu kredit.

Kalau itu masih kurang unik, coba lirik perangkat bernama Uvolt Watch ini. Ia pada dasarnya merupakan sebuah power bank yang menyamar sebagai jam tangan. Uvolt bukanlah sebuah smartwatch; tidak ada fungsi tracking apapun di sini, yang ada hanyalah penunjuk waktu standar.

Ukurannya juga lebih bongsor ketimbang arloji pada umumnya, wajar mengingat di dalamnya tertanam baterai berkapasitas 600 mAh. Sangat kecil memang, tapi setidaknya bisa sangat membantu dalam kondisi super-darurat.

Modul baterai Uvolt bisa dilepas lalu disambungkan ke ponsel via konektor Lightning/micro USB/USB-C / Uvolt

Lalu cara pakainya bagaimana? Tidak lucu kalau ternyata Uvolt harus disambungkan ke perangkat via kabel. Pada kenyataannya, modul baterai Uvolt dapat dilepas dari ‘rumahnya’, dan di dalam modul ini telah tersimpan konektor Lightning/micro USB/USB-C – tergantung pilihan konsumen.

Seandainya ponsel Anda mendukung fitur wireless charging, Uvolt juga dapat mengisinya tanpa perlu menyambungkan apa-apa. Modul baterai Uvolt ini sendiri juga dapat diisi ulang dengan diletakkan di atas Qi wireless charger begitu saja.

Lebih unik lagi adalah integrasi panel surya pada Uvolt, yang berarti selama Anda menggunakannya sebagai jam tangan di siang hari, maka baterainya juga akan terus terisi meski prosesnya berjalan sangat pelan karena efisiensinya cuma sekitar 21 persen.

Terlepas dari itu, ide yang diusung Uvolt terdengar sangat menarik untuk diwujudkan. Pengembangnya saat ini tengah menjalani kampanye di Kickstarter. Selama masa kampanye, harga termurah yang ditawarkan adalah $119, sedangkan harga retail-nya berkisar $199.

Sumber: The Verge.