Categories

Game

Valve Sedang Garap Game Baru, Manfaatkan Source 2 dan Berlatar Belakang Jagat Half-Life?

Gabe Newell juga memberi tahu bahwa timnya tertarik untuk membuat permainan virtual reality.

Yoga Wisesa - 18 January 2017

Sebuah lelucon di internet menyebutkan bahwa Valve Corp. telah berhenti menciptakan game semenjak mereka mulai 'menciptakan uang'. Menyediakan jasa distribusi digital saat ini memang merupakan bisnis utama mereka, namun Valve tetap mampu menjaga reputasinya sebagai developer game - lihat saja update epik yang diterapkan di Dota 2 pada bulan Desember silam.

Tak lama setelah sukses mencetak rekor concurrent user Steam tertinggi (pertama kalinya 14 juta orang mengakses Steam bersama-sama), sang co-founder Gabe Newell mengadakan sesi Ask Me Anything di Reddit. Di sana, Valve diketahui sedang mengerjakan satu atau lebih permainan video baru. Detailnya masih sangat minim, tapi penjelasan Gabe mengindikasikan beberapa probabilitas.

Pertama, Newell mengonfirmasi Valve Corp. sedang meramu game single-player. Lalu menjawab pertanyaan mengenai apakah developer akan kembali menggunakan jagat Half-Life, sang co-founder merespons dengan kata 'ya.' Tentu saja info tersebut bukanlah validasi mengenai eksistensi dari Half-Life 3, karena perlu Anda ingat, seri Portal (1 dan 2) juga di-setting di dunia yang sama dengan Half-Life.

Selanjutnya, Gabe mengabarkan bahwa timnya juga sangat tertarik untuk membuat permainan virtual reality. Bagi Valve, VR merupakan alat penting penyajian game. Sayangnya belum diketahui seperti apa pendekatan mereka, dan saya sendiri berharap permainan diramu 'lebih serius' dari The Lab yang pada dasarnya hanyalah bundel delapan minigame buat mendemonstrasikan kecanggihan SteamVR dan HTC Vive.

Dalam jawaban Gabe lainnya, Valve kabarnya lagi mendesain game VR yang kompatibel dengan 'knuckles controller', kemungkinan besar adalah aksesori prototype yang sempat mereka pamerkan di acara Steam Dev Days 2016.

Di sesi AMA tersebut, Gabe menegaskan Valve akan terus menggunakan engine Source 2 dalam menggarap karya digital, juga memanfaatkannya sebagai pondasi beberapa 'produk baru' yang belum diumumkan - Valve terus mendorong semua staf untuk mengadopsinya.

Ketika ditanya soal masa depan seri Left 4 Dead, Newell menuturkan bahwa Valve selalu berusaha mengintegrasikan teknologi-teknologi baru di produk anyar mereka, dan menurutnya, franchise Left 4 Dead merupakan medium tepat untuk jadi landasan 'shared narratives'.

Valve sendiri memang sudah lama dirumorkan sedang menggodok Left 4 Dead 3. Dan informasi dari Gabe di atas turut mengindikasikan upaya sang developer untuk 'memindahkan' Counter-Strike: Global Offensive dan Team Fortress 2 ke Source 2.

Semoga saja Valve melakukan pengumuman mengenai game ataupun agenda baru mereka di waktu dekat.

Via Eurogamer & PC Gamer.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter