Categories

Game

Valve Umumkan Enam Tim Undangan The International 2016

Mereka adalah OG, Team Liquid, Newbee, LCD Gaming, MVP Phoenix serta Natus Vincere.

Yoga Wisesa - 21 June 2016

Melihat event sebelumnya, turnamen Dota 2 The International 2016 berpotensi untuk menjadi lebih besar lagi. Detail pertama mengenainya terungkap akhir Maret silam bersamaan dengan pengumuman penjualan tiket. Mayoritas tim harus berjuang di babak kualifikasi demi memperebutkan kursi regional, namun ada sejumlah tim yang dianggap spesial oleh sang penyelenggara.

Lewat situs Dota 2, Valve Corporation menyingkap enam tim 'udangan' yang akan bertanding melawan perwakilan dari Eropa, Tiongkok, Asia Tenggara, Amerika serta pemenang dan runner-up wild card. Mereka adalah OG, Team Liquid, Newbee, LCD Gaming, MVP Phoenix serta Natus Vincere. Mungkin Anda melihat sedikit kejanggalan di sini: juara tahun lalu, yakni Evil Geniuses, tidak ada di antara mereka.

Berdasarkan penjelasan PC Gamer, EG dan Team Secret melakukan pelanggaran terkait batasan waktu transfer pemain, yang menyebabkan mereka harus melewati ronde kualifikasi terbuka - dimulai tanggal 21 sampai 24 Juni. Pemilihan keenam tim menunjukkan dinamisnya ekosistem Dota 2, tidak hanya diikuti oleh nama-nama familier saja. Ambil contohnya OG: mereka ialah tim baru, berdiri kurang dari setahun, tapi sudah memenangkan beberapa kejuaraan besar.

Menariknya lagi, MVP Phoenix dari Korea malah mendapatkan undangan kehormatan itu, dan bukan Fnatic yang selalu berhasil mengalahkan mereka. Menurut analisis di Reddit, MVP Phoenix memiliki rasio jumlah kemenangan turnamen LAN lebih banyak dibanding online. Di mata Valve, hal tersebut lebih berarti. Sedangkan LGD sendiri sukses menempati posisi keempat di Manila Major, mengusung mereka di atas Fnatic dan Alliance.

Na'Vi juga merupakan pilihan menarik. Hanya ada dua anggota veteran di tim pemenang The International pertama ini (Dendi dan Artstyle) yang memperkuat formasinya. Nama mereka kembali terdengar setelah jarang ikut di kejuaraan papan atas akibat 'faktor ketidakstabilan internal'. Namun perlahan-lahan, Natus Vincere kembali membuktikan kemampuan mereka di ajang-ajang LAN.

Newbee asal China memang menjadi salah satu mantan juara yang diundang Valve, tapi formasinya sudah cukup berbeda dari ketika mereka memenangkan The International 2014. Newbee baru tersebut diperkuat oleh talenta-talenta terbaik Tiongkok, dan mengawali tahun ini dengan mulus dan tidak terkalahkan, hingga dihadang OG.

Acara puncak The International 2016 akan kembali dilangsungkan di KeyArena, Seattle, pada tanggal 3 sampai 13 Agustus nanti. Sebelum itu, babak kualifikasi regional (8 tim dari Amerika, dan 10 grup masing-masing dari China, Eropa dan Asia Tenggara) akan dilaksanakan tanggal 25 hingga 28 Juni 2016.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter