Categories

Gadget

Varian Tertinggi, Asus ZenFone 4 Pro Muncul Bersama ZenFone 4 Standar

Faktor pembeda terdapat pada jeroan, di mana varian Pro sudah menggunakan Snapdragon 835

Bambang Winarso - 18 August 2017

Sebelumnya, Asus sudah resmi meluncurkan seri ZenFone 4 baru di sebuah acara di Taiwan. Ada empat model baru yang dipamerkan ke publik kala itu. Dua model sudah terlihat di situs Asus, yaitu ZenFone 4 Selfie dan Selfie Pro. Sedangkan dua yang baru adalah ZenFone 4 dan ZenFone 4 Pro. Tiga dari empat smartphone tersebut didukung oleh chipset kelas menengah, sedangkan khusus model ZenFone 4 Pro berstatuskan varian flagship dengan bekal chipset papan atas, Snapdragon 835.

Seperti yang sudah disebutkan, peluncuran paling baru seri ZenFone 4 dibagi menjadi dua model - Asus ZenFone 4 (ZE554KL) dan Asus ZenFone Pro (ZS551KL). Keduanya adalah smartphone dual-SIM (Nano) yang dibuat dengan desain unibody aluminium dan tepian material logam diamond-cut. Keduanya membawa sensor sidik jari yang disematkan di tombol home, dan desain dual speaker.

Asus ZenFone 4

Di bagian depan keduanya menampilkan penampang layar yang sama lebar, 5,5 inci. Namun masing-masing punya komponen pembangun yang sedikit berbeda. ZenFone 4 standar menggunakan layar Super IPS dengan kecerahan 600cd/m2. Sedangkan varian Pro menggunakan layar AMOLED dengan kecerahan 500cd/m2.

Asus ZenFone 4
Pro

Keduanya juga memiliki kamera utama yang sama, kamera ganda dengan sensor gambar dual pixel 12MP Sony IMX362 'yang berukuran 1/2.55 inci, dan ukuran piksel 1,4 mikron. Kamera ini dilengkapi dengan PDAF, OIS, EIS, dan sensor RGB. Khusus model Pro mendapat autofocus laser dan continuous autofocus. Tetapi kamera kedua untuk pendamping kamera utama tersebut berbeda satu sama lain. ZenFone 4 menggunakan lensa sudut lebar 120 derajat dan sensor 8MP, sedangkan ZenFone 4 Pro lebih perkasa dengan lensa zoom optik 2x dan sensor Sony IMX351 beresolusi 16MP. Sementara itu kamera depan ZenFone 4 memiliki sensor 8MP dengan lensa sudut lebar 84 derajat, sedangkan ZenFone 4 Pro memiliki kamera depan 8MP Sony IMX319 dengan aperture f/1.9 dan tangkapan lebar 87,4  derajat.

Asus ZenFone 4
Pro

ZenFone 4 tersedia dalam dua varian prosesor dan RAM, yaitu Snapdragon 660 SoC dan RAM 4GB dan model Snapdragon 630 yang disandingkan dengan RAM 6GB. Keduanya dilengkapi dengan penyimpanan internal 64GB yang dapat diupgrade melalui kartu microSD (hingga 2TB) dengan sistem hybrid. Konfigurasi dual-SIM ZenFone 4 Pro di sisi lain hadir dalam dua varian penyimpanan - 64GB dan 128GB. Kedua varian memiliki RAM 6GB yang digabungkan dengan chipset Snapdragon 835. ZenFone 4 memakai baterai 3300mAh, sedangkan ZenFone 4 Pro sebesar 3600mAh.

Pilihan konektivitas terdiri dari 4G VoLTE, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11ac, NFC, USB Type-C, radio FM, dan jack audio 3.5mm. Sejumlah sensor standar smartphone modern juga dipastikan bersemayam di dalam kedua smartphone.

Asus ZenFone 4 akan tersedia dalam balutan warna Moonlight White, Mint Green, dan Midnight Black, sedangkan ZenFone 4 Pro tersedia dalam warna Moonlight White dan Pure Black. Harga jual keduanya juga sudah diumumkan. Asus ZenFone 4 dijual mulai $399, sedangkan ZenFone 4 Pro di kisaran $599. Harga dan ketersediaan perangkat akan bervariasi di tiap-tiap negara.

Sumber berita Asus.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter