6 September 2018

by Glenn Kaonang

Spectacles 2 Kini Hadir dalam Varian Baru yang Lebih Mirip Kacamata Hitam Tradisional

Ada dua style yang berbeda yang ditawarkan: Veronica dan Nico

April lalu, Snap (induk perusahaan Snapchat) meluncurkan Spectacles generasi kedua yang membawa sejumlah penyempurnaan hardware. Dimensinya juga lebih ringkas, tapi kelemahannya masih tetap: penampilannya masih terlalu nyentrik jika disandingkan dengan kacamata biasa.

Untuk itu, Snap telah merancang style baru Spectacles 2 yang dijuluki Veronica dan Nico. Dari gambarnya bisa dilihat kalau keduanya jauh lebih mirip kacamata hitam tradisional. Tentu saja sepasang kamera masih tertanam di ujung bingkainya, dan kapabilitas kamera ini masih sama persis seperti sebelumnya.

Spectacles 2 Veronica / Snap

Sementara baru tersedia dalam warna serba hitam, dua varian anyar Spectacles 2 ini juga dilengkapi lensa polarized. Ketahanan airnya juga masih dipertahankan, sehingga momen basah-basahan pun dapat diabadikan dengan mudah.

Kalau melihat desainnya, Snap terkesan ingin menumbuhkan aura elegan pada Spectacles. Hal ini juga tercermin dari carrying case yang mendampinginya; bukan lagi hard case berwarna kuning mencolok, melainkan semi-soft case berwarna hitam, meski kabel charging-nya masih saja kuning.

Data yang dikumpulkan Snap mencatatkan bahwa sejak Spectacles 2 diluncurkan, ada 40 persen lebih banyak foto dan video yang diunggah yang berasal dari kacamata tersebut. Respon konsumen bisa dibilang cukup positif, dan dua style baru ini bisa dianggap sebagai upaya Snap untuk mempertahankan hype-nya.

Lebih lanjut, Snap juga berencana merilis fitur baru Snapchat yang memungkinkan hasil foto dan video Spectacles untuk dikurasi secara otomatis dan dikelompokkan ke dalam sebuah Highlight Story. Harapannya, pengguna Spectacles tidak perlu repot-repot memilih satu per satu foto atau video terbaik yang hendak diunggah.

Spectacles 2 Nico / Snap

Baik varian Veronica maupun Nico saat ini sudah dipasarkan seharga $199 ($50 lebih mahal dari varian standar), akan tetapi baru dalam jumlah yang terbatas. Konsumen juga dapat memesan berdasarkan pengukuran matanya masing-masing via layanan Lensabl.

Sumber: The Verge dan Snap.