20 October 2017

by Bambang Winarso

Bocoran Foto Poster Ungkap Trio Oppo F5

Poster membeberkan tiga varian Oppo F5 yang masing-masing terdiri dari varian standar, 6GB dan Youth

Setiap produsen perangkat punya cara penanganan yang berbeda dalam hal menjaga kerahasiaan produk barunya. Oppo termasuk yang paling rentan karena hampir setiap produk yang bakal mereka luncurkan terendus oleh media dan relatif akurat. Yang sedang santer diperbincangkan dalam beberapa minggu terakhir adalah soal smartphone selfie bernama Oppo F5.

Smartphone ini mungkin bukan yang paling gahar, tapi sukses berhasil menarik perhatian. Bocorannya pun membanjiri berbagai media, menandakan betapa buruknya Oppo dalam menjaga rahasianya. Setelah sempat bocor untuk yang ke sekian kali, sekarang ini muncul lagi sebuah foto poster yang diyakini merupakan material marketing perangkat bersangkutan yang kemudian memperlihatkan tiga varian berbeda.

Berdasarkan gambar tersebut, Oppo F5 varian standar bakal nendang dengan bekal RAM sebesar 4GB, membawa fitur bernama AI Beauty yang tampaknya jadi senjata andalan F5 selain kamera beresolusi 20MP, layar FullView 18:9 dengan resolusi 2160 x 1080p dan teknologi pengenal wajah.

Varian kedua menawarkan RAM yang lebih nendang dengan kapasitas 6GB, sehingga namanya menjadi Oppo F5 6GB. Fitur yang ditawarkan identik dengan varian standar di atas. Jadi, pilihan tinggal diserahkan ke konsumen nantinya.

Varian terakhir menjadi yang paling berbeda karena justru menawarkan spesifikasi yang lebih rendah ketimbang varian standar. Dinamai F5 Youth, ponsel pintar ini hanya menggunakan kamera 16MP tapi tetap dengan bekal teknologi pengenal wajah dan AI Beauty.

Rumor ini mempertegas rangkaian spekulasi yang sebelumnya sudah lebih dulu merebak. Dikatakan bahwa Oppo F5 diyakini bakal menjadi ponsel selfie paling bening yang pernah ada. Sensor ganda 12MP bakal menjadi senjata utamanya. Sedangkan untuk fotografi biasa, Oppo F5 menawarkan sensor 20MP yang juga tak kalah menonjol.

Jeroan jatuh pada Snapdragon 660, tapi bisa jadi Oppo bakal mempertimbangkan opsi lainnya saat benar-benar diumumkan nanti. Baterai sebesar 4.000mAh menopang operasional perangkat yang dilengkapi berbagai fitur konektivitas seperti audio jack 3,5mm, micro USB, Bluetooth 4.2, dual-band WiFi. Jika kabar sebelumnya akurat, Oppo F5 akan diumumkan pada sebuah acara di Filipina 26 Oktober mendatang dan India pada tanggal 2 November.

Sumber berita GSMArena dan gambar header Wikipedia.