Categories

Berita

Vena, Aplikasi Tracking Imunisasi untuk Windows Phone

Amir Karimuddin - 31 October 2011

Sebagai orang tua yang memiliki balita, saya sadar bahwa aplikasi seperti ini sangat membantu kita men-track seberapa baik penjadwalan imunisasi terhadap si buah hati. Kadang dengan berbagai kesibukan yang ada, kita lupa untuk tracking kapan lagi saat mengimunisasi dan sudah lengkapkah imunisasi yang kita jadwalkan.

Nampaknya ini merupakan satu-satunya aplikasi buatan pengembang Indonesia yang mengantisipasi permasalahan ini. Sayangnya cuma satu, baru ada di Windows Phone Marketplace secara berbayar -- sesuatu yang belum secara resmi hadir di Indonesia.

Vena, nama aplikasi ini, dibuat oleh tim pengembang spesialis aplikasi Windows Phone dari Bandung -- Radya Labs. Radya Labs juga membuat aplikasi DailySocial untuk Windows Phone. Saat ini Radya Labs terdiri dari enam orang yang semuanya merupakan alumni Teknik Informatika ITB. Vena ditawarkan seharga $1.99 dan menyasar konsumen luar  dan menurut tim Radya Labs sendiri belum ada aplikasi serupa yang hadir di Windows Phone Marketplace secara global.

Vena sendiri memberikan informasi perencanaan imunisasi yang bisa dikustomisasi. Meskipun demikian Anda yang mungkin clueless di saat awal imunisasi dapat menggunakan aut0-generator untuk membantu menyusun jadwal bagi sang buah hati. Buat saya ini sangat menyenangkan karena dengan aplikasi ini kita tak perlu lagi repot-repot untuk ricek ke buku log si anak untuk memastikan jadwal imunisasi.

Memang pasar Windows Phone secara umum masih sangat kecil -- apalagi jika dibandingkan dengan iOS dan Android -- untuk itu pihak Radya Labs tidak menargetkan jumlah unduhan tertentu. Meskipun demikian, dengan komitmen Nokia sebagai produsen ponsel terbesar untuk mendukung platform Windows Phone -- dengan ponsel seri Lumia -- saya memiliki keyakinan bahwa nantinya Windows Phone Marketplace akan didorong untuk membuka pintu untuk dapat menjual dan membeli aplikasi berbayar di Indonesia.

Karena kami tidak memiliki unit Windows Phone untuk mencobanya, kami tidak bisa memberikan review tentang pengalaman mencoba aplikasi ini. Tapi dengan spesifikasi minimal Windows Phone yang sudah tinggi, saya yakin aplikasi seperti ini akan berjalan degan mulus. Anda yang menggunakan ponsel Windows Phone dan mampu membeli melalui Marketplace bisa mengunduh Vena melalui tautan ini.

Berikut adalah beberapa contoh tampilan Vena:

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter