Categories

Berita

Venturra Capital yang Didukung Lippo Group Siapkan Dana Dua Triliun Rupiah untuk Berinvestasi di Asia Tenggara

John Riady, Rudy Ramawy, dan Stefan Jung menjadi Managing Partner Venturra Capital

Amir Karimuddin - 8 October 2015

VC independen Venturra Capital, yang disponsori Lippo Group, mengumumkan ketersediaan dana $150 juta (sekitar Rp 2 triliun) dalam bentuk Venturra Capital Fund I. John Riady, Rudy Ramawy, dan Stefan Jung akan bertindak sebagai Managing Partner Venturra Capital. Portofolio Lippo melalui Lippo Digital Ventures (LDV) akan digabungkan dalam paket investasi ini.

Venturra Capital akan fokus beroperasi di Indonesia dan negara-negara lain di Asia Tenggara dan berinvestasi di tahap awal pertumbuhan. Mereka mencari startup dengan konsumen perorangan (sektor e-commerce, layanan finansial, kesehatan, dan pendidikan), Internet of Things (IoT), dan B2B. Selain yang diinvestasikan melalui LDV, mereka telah berinvestasi di 10 startup yang dalam beberapa minggu terakhir dan belum secara resmi diumumkan.

Perbedaan utama Venturra Capital dan LDV adalah kehadiran investor lain di luar Lippo Group. Stefan Jung menjelaskan, "Perbedaannya adalah di Lippo Digital Ventures Lippo Group menjadi satu-satunya LP [Limited Partner], yang diinvestasikan di luar neraca keuangan. Kini kami menambah lebih banyak investor dan menyiapkan paket pendanaan VC independen dengan struktur GP [General Partner]-LP. Juga ukuran total pendanaan bertambah tiga kali lipat. Lippo masih merupakan LP terbesar dan kami bisa memperoleh keuntungan dari akses grup untuk meningkatkan sinergi di ritel, media, real estate, layanan finansial, kesehatan, perhotelan, dan lain-lain."

Stefan lebih lanjut mengatakan, "Kami telah melihat pertumbuhan yang luar biasa di industri teknologi di Asia Tenggara selama beberapa tahun terakhir -- kualitas pengusaha dan investornya juga meningkat pesat. Kami ingin bekerja sama dengan pengusaha yang terbaik untuk membentuk pemimpin pasar di berbagai kawasan dan menggunakan pengalaman dan keahlian yang kami miliki untuk mengembangkan bisnis secara internasional."

Baik John Riady maupun Rudy Ramawy terlibat dalam operasional Lippo Group dan MatahariMall, sedangkan Stefan Jung sebelumnya adalah Partner di Monk's Hill Ventures yang berbasis di Singapura dan merupakan salah seorang penting saat pengembangan bisnis Rocket Internet di Asia Tenggara. Rudy, seperti yang kita tahu, sebelumnya adalah Country Director Google Indonesia.

John dalam pernyataannya mengatakan, "Visi kami di Venturra adalah bekerja sama dengan wirausahawan terbaik hingga generasi mendatang -- dan dalam melakukan hal ini, membangun budaya dan institusi yang dapat menjadikan kami pengelola VC terdepan. 80 tahun dari sekarang, kami ingin melihat kembali, berkaca pada perusahaan paling transformatif di kawasan Asia Tenggara, dan mengatakan kami ambil bagian dalam kesuksesan mereka. Pasar Asia Tenggara adalah satu satu kawasan ekonomi paling menjanjikan di dunia dengan sejumlah wirausahawan terbaik secara global."

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter