10 April 2015

by Oki Rosgani

Venue 10 7000, Tablet Android Terbaru Besutan Dell

Nama Dell bisa jadi tidak sepopuler merek Apple dan Samsung untuk urusan tablet, namun sepertinya perusahaan elektronik asal Amerika ini telah membuka awal bulan April 2015 ini dengan sejumlah kejutan spesial bagi konsumennya.

Dell menghadirkan sebuah perangkat tablet flagship baru yang bertajuk Dell Venue 10 7000. Perangkat ini merupakan tablet ber-platformAndroid 5.0 yang ditujukan khusus untuk pengguna profesional. Tablet ini merupakan model penerus dari tablet Venue 8 7000 yang telah lebih dulu hadir.

Dibanding dengan perangkat tablet Venue 8 7000 - yang sempat menyabet anugerah sebagai produk "Best of Innovation Honoree" dari Consumer Electronics Association (CEA) bulan Januari 2015 lalu - perangkat tablet Dell Venue 10 7000 sendiri merupakan perangkat tablet Android yang memiliki desain lebih segar dan berukuran bongsor.

Dari namanya kita bisa menebak bahwa Venue 10 7000 memiliki ukuran layar 10 inci atau lebih tepatnya 10.5 inci, yang mampu menayangkan gambar dengan resolusi 2560 x 1600 piksel.

Info Menarik: Akhirnya HTC One M9 Plus Benar-benar Dilepas, Yuk Simak Spesifikasinya!

Kendati ia memiliki resolusi layar yang sama dengan perangkat tablet Venue 8 7000, ukuran layar perangkat tablet Venue 10 7000 yang memiliki selisih ukuran lebih besar 2,1 inci ini jelas menawarkan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya, terutama bagi mereka yang sering bekerja secara mobile.

Sentuhan desain silinder yang disematkan pada bagian bawah layar ketika ia diposisikan secara landscape membuat perangkat tablet ini terlihat menarik, dipadu dengan sepasang speaker stereo yang terpasang pada bagian yang juga merupakan tempat bersemayamnya komponen baterai dari perangkat ini.

Diotaki dengan prosesor quad-core Intel Atom Z3580 serta memiliki kamera 8 megapiksel dengan fitur teknologi RealSense 3D, pihak Dell menyebutkan hasil kamera Dell Venue 10 7000 akan menawarkan depth map atas gambar yang diambil.

Karena ia didesain sebagai perangkat tablet profesional, pihak Dell telah membekali Dell Venue 10 7000 ini dengan perangkat lunak Dell Mobile Management dan Dell Mobile Workspace yang memungkinkan bagi penggunanya untuk mengakses perangkat tablet ini melalui perangkat apapun menggunakan aplikasi peramban dan koneksi internet.

Tak lupa juga bahwa perangkat tablet ini telah memiliki aplikasi Android for Work, sebuah layanan khusus bagi pengguna korporasi dimana mereka dapat memanfaatkan perangkat Android untuk mengakses informasi di lingkungan perusahaan secara aman dan nyaman.

Info Menarik: Dengan Teknologi Ini, Smartphone Anda Bisa Mendeteksi Terjadinya Kecelakaan Mobil

Berdasarkan informasi yang kami dapat dari blog GSMArena, Perangkat tablet yang berjalan dengan sistem operasi Android 5.0 Lollipop ini juga dibekali dengan RAM 2GB serta kapasitas penyimpanan internal sebesar 32GB yang bisa ditingkatkan dengan menyelipkan kartu memory microSD pada slot yang tersedia.

Perangkat tablet ini juga menawarkan kemampuan untuk bisa digunakan selama 7 jam dalam satu kali pengisian berkat adanya baterai 7,000 mAh yang menghuni pada perangkat tablet Android ini.

Dell Venue 10 7000 ini juga ditawarkan dengan perangkat aksesoris keyboard secara opsional, dengan fitur keyboard yang bisa menyala saat digunakan dalam ruangan gelap. Saat keyboard terpasang, penggunanya juga bisa memposisikan perangkat tablet ini pada lima mode penggunaan berbeda.

Sayangnya, kita belum bisa mendapatkan perangkat tablet ini dalam waktu dekat karena pihak Dell baru merilisnya pada bulan Mei 2015 mendatang dengan harga US$499 tanpa keyboard atau seharga US$629 plus aksesoris keyboard.

Belum ada info pula apakah para pengguna di Indonesia akan bisa mendapatkan perangkat ini karena pada bulan Mei nanti pihak Dell baru menyediakan perangkat tersebut untuk konsumen di kawasan Amerika, Kanada dan Tiongkok.

Sumber: AndroidCentral, Dell, GSMArena | Gambar Header: The Verge.