Categories

Gadget

Venus Optics Umumkan Lensa Ultra Wide Angle 7.5mm F2 MFT dengan Kontrol Aperture Digital Lewat Kamera

Laowa 7.5mm F2 MFT dilengkapi chip CPU dan motor untuk menyediakan metadata dalam EXIF dan mengontrol aperture secara digital melalui kamera

Lukman Azis - 15 June 2021

Pada bulan September 2016, Venus Optics memperkenalkan lensa ultra-wide-angle Laowa 7.5mm F2 MFT. Di sistem Micro Four Thirds yang memiliki crop factor 2x, artinya lensa tersebut menawarkan focal length ekuivalen 15mm di sensor full frame.

Kini Venus Optics telah memperbarui Laowa 7.5mm F2 MFT, ini tetap lensa dengan pemfokusan sepenuhnya manual tetapi model terbarunya telah dilengkapi chip CPU dan motor. Sama seperti Laowa 10mm f/2 Zero-D MFT dan 50mm f/2.8 2x Ultra Macro APO, di mana dapat menyediakan metadata dalam EXIF dan memungkinkan mengontrol aperture secara digital melalui kamera.

Laowa 7.5mm F2 MFT memiliki konstruksi optik yang sama seperti pendahulunya, terdiri dari 13 elemen dalam 9 grup. Jumlah bilah pada aperture-nya berkurang dari 7 menjadi 5 yang menurut Venus Optics memungkinkan lensa menghasilkan efek semburat cahaya sun star 10 titik.

Dari segi ukuran, lensa ini hadir dengan dimensi 53x48 mm, bobot 150 gram, dan filter 46mm. Jarak pemfokusan minimumnya 12mm dengan maksimum magnification 0.11:1 yang memungkinkan pengambilan gambar macro.

Menurut Venus Optics, lensa ultra-wide-angle dengan aperture cepat jarang ditemukan di pasaran. Apertur F2 ini menambahkan lebih banyak fleksibilitas, terutama dalam kondisi cahaya redup. Di mana fotografer dapat mempertahankan shutter speed yang lebih cepat dan menekan ISO lebih rendah untuk mencegah terlalu banyak noise.

Selain itu, Laowa 7.5mm F2 MFT juga menghadirkan depth of field yang lebih dangkal untuk memisahkan subjek dari latar belakang saat foto portrait. Laowa 7.5mm F2 MFT dengan kontrol aperture elektronik ini dibanderol dengan harga US$549 atau sekitar Rp7,8 jutaan.

Sumber: PetaPixel

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter