9 February 2017

by Yoga Wisesa

Verizon Perkenalkan Smartwatch Android Wear 2.0 Pertamanya, Wear24

Device telah memperoleh serifikasi IP67, anti-debu dan anti-air hingga kedalaman maksimal satu meter selama setengah jam.

Pengumuman LG Watch Sport dan Watch Style oleh sang perusahaan Korea Selatan bersamaan dengan Google kemarin menandai dimulainya era smartwatch ber-platform Android Wear 2.0. Menariknya, LG ternyata tidak sendirian. Salah satu perusahaan telekomunikasi broadband terbesar di Amerika juga mengungkapkan bahwa mereka turut meramu device sejenis.

Hampir bersamaan dengan penyingkapan dua jam pintar dari LG, Verizon Communications memperkenalkan smartwatch buatan mereka sendiri, dinamai Wear24. Perangkat wearable tersebut kabarnya dijual secara eksklusif di toko Verizon, menawarkan penggunanya 'konektivitas yang konstan', dan fitur itu dikemas dalam 'tubuh ramping berdesain modern'. Dan seperti LG Watch Sport dan Watch Style, Wear24 didukung jaringan 4G LTE Verizon.

Penampakan dari Wear24 masih berupa ilustrasi. Berbasis dari gambar tersebut, device mengusung rancangan yang simpel dan menyuguhkan layar melingkar. Tubuhnya kemungkinan tersusun atas material logam dipadu strap karet, dan ada satu dial fisik di sisi kanannya. Berdasarkan info dari CNET, Wear24 mempunyai diameter 42-milimeter dan berketebalan 13,5mm. Panelnya sendiri menggunakan tipe AMOLED, berukuran 1,4-inci dengan kepadatan 290ppi.

Verizon Wear24 tampaknya sengaja disiapkan untuk menemani penggunanya beraktivitas sehari-hari. Device telah memperoleh serifikasi IP67, yang berarti terproteksi dari debu-debu halus serta diperkenankan untuk tercemplung ke dalam air, maksimal hingga kedalaman satu meter selama setengah jam. 'Kapasitas' baterai Wear24 (satuan mAh sebetulnya bukanlah alat ukur daya tahan baterai) juga lebih tinggi dari LG Watch Sport dan Watch Style, yaitu 450mAh.

Beroperasi di-platform Android Wear 2.0, Wear24 memungkinkan Anda mengirim pesan teks serta melakukan atau menerima panggilan tanpa perlu menggunakan smartphone. Aspek kustomisasinya sangat luas, dan seperti biasa, Anda dibebaskan untuk mengutak-atik penampakan dari watch face. Menariknya lagi, watch face bisa di-setup agar berubah secara otomatis bergantung dari posisi Anda.

Contohnya begini: di kantor, Wear24 dapat menampilkan watch face ala jam klasik atau bertema modern, lalu saat Anda kembali ke rumah, watch face segera berubah jadi lebih casual.

Verizon memang bukanlah pendatang baru di bisnis hardware - sebelumnya perusahaan Amerika itu telah memasarkan lineup tablet Ellipsis, namun Wear24 sendiri merupakan wearable device pertama mereka. Verizon Wear24 rencananya akan mulai dijual di bulan Maret 2017, dibundel bersama kontrak selama dua tahun, dijajakan seharga US$ 300.

Sumber: Verizon.