Capture Card Razer Ripsaw HD Siap Tandingi Elgato HD60 S

Versi Baru Capture Card Razer Ripsaw Siap Tandingi Produk Andalan Elgato

Satu fitur unggulan Ripsaw HD adalah kapabilitas passthrough 4K di 60-frame rate per detik.
Razer Ripsaw HD.
Razer Ripsaw HD.

Sempat dicemooh oleh generasi terdahulu, gaming telah berubah menjadi industri raksasa yang bisa menghidupi para penikmatnya. Esports tak lagi dipandang sebelah mata, dan bahkan mereka yang tak terlalu mahir bermain dapat meniti karier sebagai penghibur lewat platform live stream dan video sharing. Tren ini ditanggapi oleh sejumlah dengan sigap lewat penyediaan produk pendukung perekaman.

Elgato merupakan salah satu nama favorit konsumen karena mereka telah berkecimpung di ranah perekaman video jauh sebelum kemunculan selebritas gaming. Namun sejak tahun 2016, lini produk capture card punya Corsair Components tersebut mendapatkan kompetisi baru dari brand terkenal di ranah aksesori PC. Saat itu, Razer meluncurkan Ripsaw yang mampu men-stream sesi gaming di resolusi 1080p 60fps.

Razer Ripsaw HD 1

Dan di bulan April ini, perusahaan pimpinan Min-Liang Tan itu memperkenalkan versi baru capture card mereka, kali ini ditujukan untuk menandingi produk andalan Elgato, HD60 S. Dinamai Razer Ripsaw HD, perangkat menjanjikan hasil video berkualitas tinggi, output audio yang jernih, serta fleksibilitas pemakaian karena kompatibel baik ke PC maupun console. Satu fitur unggulan Ripsaw HD ialah kapabilitas passthrough 4K di 60-frame rate per detik.

Razer Ripsaw HD 4

Kemampuan passthrough 4K maksudnya adalah, capture card ini mempersilakan Anda bermain di resolusi ultra-HD (jika hardware PC Anda menyanggupinya) sembari menampilkan streamfull-HD 1080p 60fps bebas kompresi ke penonton. Sebagai perbandingan, HD60 S baru ditopang fitur passthrough 1080p2. Perlu diketahui bahwa Elgato sendiri sebetulnya mempunyai varian yang lebih high-end lagi, yakni 4K60, memungkinkan kita merekan atau streaming di resolusi 4K tulen.

Razer Ripsaw HD 3

“Dengan hadirnya Ripsaw HD di deretan produk Broadcaster kami, para streamer kini memperoleh sebuah capture card yang memperkenankan mereka menyiarkan permainan-permainan terbaru di resolusi serta frame rate tinggi dari console dan PC,” kata Tan via rilis pers. “Penonton pasti akan menyukai stream HD, sedangkan Anda tetap bisa menikmati game di kualitas visual paling optimal berkat passthrough 4K.”

Razer Ripsaw HD 2

Razer Ripsaw HD dibekali input dan output HDMI, plus sebuah port USB 3.0. Capture card juga dilengkapi kapabilitas audio mixing built-in, demi memastikan sesi perekaman/stream live bebas dari masalah latency dan audio yang tidak sinkron. Selain itu, Ripsaw HD memungkinkan kita menggunakan sebuah microphone di dua PC, sehingga menyederhanakan proses setup software dan audio.

Ripsaw HD rencananya akan mulai dipasarkan pada tanggal 11 April 2019, dipatok di harga US$ 160. Sebagai perbandingan, Elgato HD60 S dijajakan dengan harga retail US$ 170 (di Indonesia dibanderol di atas Rp 2,7 juta).

Via PC Gamer & The Verge.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…