Categories

Gadget

Versi Baru Find My Mobile Bisa Temukan Ponsel Samsung Tanpa Koneksi Internet

Mengandalkan bantuan ponsel-ponsel Samsung yang ada di sekitar ponsel yang sedang dicari

Glenn Kaonang - 25 August 2020

Pengguna smartphone Samsung pastinya sudah cukup familier dengan Find My Mobile, fitur yang dirancang supaya pengguna bisa mencari lokasi perangkatnya dari kejauhan, yang sangat berguna seandainya perangkat tertinggal di suatu tempat, atau malah dicuri orang.

Asalkan ponselnya terhubung ke internet, entah via Wi-Fi atau jaringan seluler, maka pengguna dapat menemukannya lewat Find My Mobile. Yang terbaru, fitur ini bahkan tidak lagi membutuhkan koneksi internet. Berdasarkan laporan XDA Developers, versi teranyar Find My Mobile (versi 7.1.08.0) kini telah dilengkapi dengan fitur Offline Finding.

Bagaimana bisa ponsel mengomunikasikan lokasinya tanpa koneksi internet? Dengan mengandalkan bantuan ponsel-ponsel Samsung lain yang ada di sekitarnya. Jadi saat fitur Offline Finding ini diaktifkan, ponsel-ponsel lain yang ada di sekitar (yang juga mengaktifkan fitur yang sama) bisa melacak keberadaan ponsel tersebut.

Sejauh ini memang belum ada penjelasan mendetail dari Samsung, tapi saya menebak cara kerjanya mirip seperti fitur Community Find yang dimiliki Bluetooth tracker Tile, yang sangat berguna ketika ingin mencari perangkat yang sudah berada di luar jangkauan Bluetooth. Di samping ponsel, deskripsi fiturnya juga menerangkan bahwa fitur ini berlaku untuk smartwatch dan TWS.

Fitur ini sifatnya opsional dan tidak aktif secara default. Berhubung fitur ini melibatkan informasi lokasi pengguna, Samsung juga menyediakan opsi untuk mengenkripsi informasi lokasi bagi yang sangat peduli terhadap topik privasi. Idealnya, Find My Mobile tetap lebih efektif dengan dukungan koneksi internet, tapi setidaknya sekarang fitur ini tetap bisa bekerja meski perangkat sedang offline.

Bisa dibayangkan fitur ini bakal sangat bermanfaat ketika kita sedang berkunjung ke luar negeri dan memiliki akses yang terbatas ke internet. Tentu saja fitur ini akan semakin efektif di negara-negara yang memang pangsa pasarnya didominasi oleh Samsung, sebab semakin banyak pengguna smartphone Samsung di suatu lokasi, semakin besar pula kemungkinan ponsel yang hilang untuk ditemukan di area tersebut.

Sumber: XDA Developers via 9to5Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter