Categories

Mobile

Versi baru Gboard Permudah Pengguna Mencari Emoji, Sticker dan GIF

Semuanya kini bisa dicari dari satu tampilan yang terpusat

Glenn Kaonang - 22 February 2018

Di titik ini, Gboard sudah menjadi aplikasi keyboard pamungkas bagi pengguna smartphone. Dari tampilan keyboard yang memenuhi separuh layar itu, pengguna bisa melakukan banyak hal; mulai dari melakukan pencarian di Google, membagikan tautan berita, mengakses lokasi di Google Maps, sampai saling bertukar GIF.

Begitu banyaknya fitur yang tersemat pada Gboard, kesan kompleks pun sesekali muncul. Pada kenyataannya, Gboard punya sederet tab yang berbeda untuk emoji, sticker dan GIF. Berpindah dari satu tab ke yang lain bukanlah cara efektif untuk sekadar membalas chat dengan emoji, lalu diikuti dengan GIF.

Tampilan tab baru di versi beta Gboard untuk Android / 9to5Google
Tampilan tab baru di versi beta Gboard untuk Android / 9to5Google

Google sudah menyiapkan solusinya, yang sekarang sudah bisa dinikmati lewat versi beta Gboard untuk Android (versi 7.0.2). Versi baru ini menghadirkan tab anyar untuk melakukan pencarian emoji, sticker dan GIF dalam satu tampilan yang terpusat.

Tab tersebut diposisikan di paling kiri, dengan icon bergambar kaca pembesar. Di bagian atas, ada tulisan “Search all media”, di mana deretan emoji, sticker dan GIF yang ditampilkan akan mengacu pada kata kunci yang dicantumkan.

Pembaruan ini memang kesannya sepele, tapi setidaknya bisa menyederhanakan kompleksitas Gboard yang tidak terelakkan akibat fiturnya yang begitu banyak. Bersamaan dengan itu, versi ini juga menghadirkan dukungan untuk bahasa Tionghoa dan Korea.

Sumber: 9to5Google.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter