Categories

Gadget

Versi Baru PlayStation 4 Lebih Canggih dan Hemat Listrik

Yoga Wisesa - 7 July 2015

Menyusul pengumuman Microsoft mengenai penurunan harga Xbox One dan kemunculan varian 1TB, Sony turut menginformasikan bahwa model baru PlayStation 4 sedang disiapkan. Dan dari sebuah blog berbahasa Jepang, dilaporkan bahwa versi anyar PlayStation 4 dibekali komponen yang lebih baru dan canggih, demi menyempurnakan kekurangan generasi pertama.

Dari penjabaran Pocket News, make-over pada PlayStation 4 diterapkan pada bagian luar dan dalam. Sony menamainya revisi CUH-1200, sejauh ini hanya tersedia di Negeri Matahari Terbit. Premisnya sangat menarik, dan sangat menggoda terutama bagi kita yang belum berkesempatan memiliki console new-gen populer itu. Dibanding sang pendahulu, CUH-1200 lebih ringan, hening, dan efisien dalam pemakaian listrik.

Di sisi penampilan, Sony mengubah sejumlah hal. Mereka menghilangkan plastik glossy dan menyusun ulang penempatan port-port di belakang. Meski CUH-1200 bukanlah tipe slim yang mungkin Anda nantikan, bobotnya lebih ringan 80 gram dari sebelumnya, total cuma 2,5kg. Sony turut menjawab keluhan gamer soal suara kipas, diakibatkan pendekatan desain form-factor ala console (Xbox One mirip set-top box). Walaupun stylish, ukuran kipas lebih kecil mengharuskannya berputar lebih kencang.

Sony berhasil mengurangi 'polusi suara' dari rata-rata 56 desibel (maksimal menyentuh 60dB) menjadi 52 desibel dan maksimal 56dB. Angka tersebut terlihat sedikit, tapi suara tidak dihitung dengan skala linier. Hebatnya, ukuran fan tidak berubah. Artinya kecepatan fan-lah yang dikurangi, karena hardware mengeluarkan temperatur lebih rendah. Beberapa komponen internal pelengkap juga mendapatkan modifikasi.

Info menarik: Susul Xbox One, PlayStation 4 Kini Punya Media Player untuk Foto, Video dan Musik

Prosesor sendiri tampaknya masih mengusung chip 28nm, tapi bisa jadi terdapat sedikit pertimbangan di sisi desain. Luas motherboard telah dikecilkan, kemudian di tengah-tengah, setup memori GDDR5 memperoleh konfigurasi baru. Di penjelmaan terdahulu, PS4 menggunakan 16 modul memori untuk menyajikan 8GB. CUH-1200 memanfaatkan modul padat dari Samsung, sehingga jumlah dapat dikurangi setengahnya. Alhasil, menghemat pasokan listrik.

Update minor lainnya meliputi pemindahan lokasi chip, termasuk controller HDMI besutan Panasonic serta pengenalan rancangan Blu-ray drive yang lebih simpel. Tipe dan spesifikasi hard drive tetap sama, yaitu HGST Z5K500 5400rpm. Pertanyaannya kini, apakah ia hadir dalam ospi 1TB, dan akankah didistribusikan ke luar Jepang?

Detail inilah yang belum bisa dikonfirmasi, sebab model 1TB anyar sendiri berbasis dari PlayStation 4 generasi awal...

Sumber: Eurogamer & Pocket News. Header: PlayStation.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter