Categories

Social Media

Versi Baru Snapchat Tak Lagi Campur Adukkan Konten dari Teman dan dari Brand

Demi mengurangi efek samping peleburan elemen media dan elemen sosial, seperti misalnya hoax

Glenn Kaonang - 30 November 2017

Snapchat adalah salah satu contoh yang paling gamblang untuk menggambarkan konsep media sosial. Elemen media yang diwakili oleh konten bikinan brand maupun kreator dikumpulkan di tab Discover di sebelah kanan, sedangkan elemen sosial yang diwakili oleh pesan-pesan dari teman terdekat dikumpulkan di tab sebelah kiri.

Sayangnya, ketika konten dari teman dan dari kreator profesional disatukan seperti ini, akan ada sejumlah efek samping yang harus ditanggung. Salah satunya menurut Snapchat adalah berita palsu, sebab dalam kondisi Snapchat seperti sekarang ini, sulit bagi pengguna untuk membedakan mana konten yang datang dari teman-temannya dan mana yang dari brand atau kreator.

Maka dari itu, mereka memutuskan harus ada perubahan, dan lahirlah versi baru Snapchat yang lebih matang dan terpoles. Tampilannya secara keseluruhan kurang lebih masih sama: tampilan kamera masih akan menyambut pengguna pertama kali, lalu di sebelah kirinya ada tab Chats, dan Discover juga masih di sebelah kanan.

Perbedaan yang paling utama, Stories kini tidak hanya terdapat di tab Discover, tapi juga di tab Chats. Tujuannya adalah untuk memisahkan Stories dari teman dan dari brand maupun kreator. Selama sebuah akun mengikuti Anda, Stories darinya akan muncul di tab Chats, kalau tidak Snapchat bakal menempatkannya di tab Discover.

Chats sekarang juga akan dikelompokkan berdasarkan waktu sekaligus kategori baru berlabel “Best Friends”. Snapchat bilang bahwa mereka telah menerapkan algoritma khusus untuk menentukan secara otomatis akun-akun mana saja yang merupakan teman baik masing-masing pengguna, lalu menyuguhkan pesan-pesan darinya di paling atas.

Stories pada tab Discover kini juga akan dikurasi secara manual oleh tim internal di samping mengandalkan algoritma. Versi baru Snapchat ini kabarnya akan diuji terlebih dulu bersama sejumlah pengguna sebelum dirilis ke publik dalam beberapa minggu ke depan.

Sumber: Snap dan The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter