5 April 2016

by Glenn Kaonang

Versi Beta Android Marshmallow untuk BlackBerry Priv Telah Tersedia

Program pengujian beta akan berlangsung selama 4 - 8 minggu ke depan melalui BlackBerry Beta Zone

Kebetulan memang bisa terjadi kapan saja. Smartphone Android perdana dari BlackBerry, Priv, rupanya diperkenalkan seminggu sebelum Google merilis Android 6.0 Marshmallow. Sayang, karena bukan Nexus, Priv pun tiba di tangan konsumen menjalankan OS Android 5.1 Lollipop. Maka dari itu, tidak kaget apabila mayoritas penggunanya terus mendesak BlackBerry untuk segera mengirim update Marshmallow.

Kegigihan mereka tidak sia-sia. Pasalnya baru-baru ini Blackberry telah membuka program pengujian beta Android Marshmallow untuk Priv. Lewat portal BlackBerry Beta Zone, pengguna Priv yang sudah tidak sabaran diajak untuk mencoba Android Marshmallow di handset-nya masing-masing dan melaporkan apabila menjumpai kendala, mengingat semuanya masih dalam fase beta.

Marshmallow tentunya membawa sederet fitur baru yang menarik. Yang pertama adalah Now On Tap, yang memungkinkan Google Now untuk memahami konteks informasi di dalam aplikasi. Kemudian ada fitur Doze yang akan meningkatkan daya tahan baterai perangkat secara signifikan.

Menu pengaturan juga telah dirombak menjadi lebih rapi dan mudah dinavigasikan. Tidak ketinggalan juga fitur backup otomatis terhadap aplikasi beserta data-datanya, plus data pengaturan perangkat. Di saat yang sama, BlackBerry turut menjanjikan fitur keamanan yang lebih lengkap ketimbang yang mereka rilis secara reguler setiap bulannya.

Jadi bagaimana cara mendapatkan update versi beta ini? Well, Anda tinggal mendaftarkan diri di situs BlackBerry Beta Zone menggunakan ID BlackBerry Anda masing-masing. Sayangnya sejauh ini kuotanya sudah penuh, mengingat BlackBerry memprioritaskan konsumen yang membeli Priv lewat Carphone Warehouse, Amazon dan online store-nya sendiri.

Pun begitu, pengguna BlackBerry Priv masih bisa mendaftar untuk dicantumkan ke dalam waiting list. Selanjutnya BlackBerry akan menyeleksi pengguna secara bertahap selagi program beta ini berlangsung selama 4 - 8 minggu ke depan.

Sumber: Inside BlackBerry.