Angka mungkin bisa membuat kita memahami masifnya layanan Steam digaming. Di 2017, para user Steam mengeluarkan uang sebesar $ 4,3 miliar untuk membeli game, mewakilan 18 persen dari penjualan permainan global. Dan di awal 2018, ada lebih dari 150 juta akun terdaftar di platform ini; dan di periode paling sibuknya, Steam pernah diakses oleh 18,5 juta orang bersamaan.

Minggu lalu, kita sudah mendengar rencana Valve buat menghadirkan Steam di perangkat bergerak. Layanan tersebut mereka beri nama Steam Link. Tapi strategi penyajianya bukanlah dengan membuka akses langsung ke ribuan konten Steam via smartphone, melainkan memanfaatkan pendekatan ala GeForce Now: Steam Link memungkinkan Anda men-stream konten permainan dari PC atau Mac ke smartphone dan tablet.

Dan sesuai rencana Valve, layanan ini akhirnya tiba di Google Play dalam versi beta. Cara menggunakan servis ini sangat mudah. Anda hanya perlu menyambungkan Steam Controller atau gamepad berkonektivitas Bluetooth lain ke perangkat bergerak, kemudian menyambungkannya ke PC yang berada dalam satu jaringan lokal. Setelah itu, game Steam bisa segera dinikmati.

Steam Link. 1

Memang sda sejumlah syarat harus terpenuhi agar Steam Link bekerja maksimal. Pertama, pastikan perangkat Android Anda sudah berjalan di sistem operasi 5.0 atau versi terbaru. Kedua, Anda membutuhkan jaringan Wi-Fi 5GHz. Frekuensi ini punya spektrum lebih luas dari 2,4GHz yang semakin sesak. Singkatnya, Steam Link membutuhkan koneksi berkecepatan tinggi dan bandwidth lebih lebar.

Jika seluruh kebutuhan di atas terpenuhi, Anda bisa menikmati sejumlah permainan Steam hingga resolusi 4K di 60-frame rate per detik. Namun untuk mayoritas game, standar kualitasnya paling optimalnya adalah 1080p di 60fps. Tentu saja, selain jaringan Wi-Fi 5GHz, PC Anda terlebih dulu harus mampu menjalankan game dengan lancar.

Sebagai alternatifnya, Steam Link juga kompatibel dengan set-top box TV, selama unit tersebut mengusung OS Android 5.0. Mungkin baru melalui setup seperti ini app bisa menghidangkan resolusi 4K.

Pengguna iDevice harus menunggu kehadiran Steam Link sedikit lebih lama. Dan saat tersedia nanti, aplikasi siap mendukung perangkat dengan iOS 10 atau versi terbaru, serta Apple TV yang berjalan di tvOS 10.3.

Menurut saya, Steam Link merupakan langkah kedua Valve menginvasi ruang keluarga setelah Steam Machines yang mereka prakarsai gagal lepas landas. Steam Link punya peluang sukses lebih besar dari Steam Machines karena mayoritas user Steam sudah mempunyai perangkat gaming dan smartphone. Dan dibanding sistem Steam Machines, harga set-top box jauh lebih terjangkau.

Via The Verge.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.