16 June 2014

by Yoga Wisesa

Versi Beta Razer Nabu SmartBand Hanya Dihargai US$ 1?

Bulan Februari lalu, Razer mengumumkan sebuah device yang tidak kita kira akan mereka akan ciptakan: sebuah 'gelang' elektronik pintar dengan desain yang mengingatkan kita akan Nike+ FuelBand. Dalam event Electronic Entertainment Expo 2014 kemarin, Razer akhirnya membuka pendaftaran beta-testing Project Nabu untuk 500 orang terpilih.

Yang lebih mengejutkannya lagi, Razer tidak menuntut jumlah uang yang besar dari para calon beta-tester. Tiap unit Nabu SmartBand hanya dibanderol seharga US$ 1. Beta-tester difokuskan untuk para konsumen end-user. Razer sudah memiliki program tersendiri khusus bagi para developer untuk pengembangan konten, versi development ditawarkan dengan harga US$ 50.

Namun untuk mengikuti program beta-testing ini, pastikan Anda sudah memenuhi beberapa syarat yang diajukan Razer. Razer menyatakan bahwa Nabu dikhususkan untuk para fans 'hardcore' yang memahami dan merasa nyaman dengan teknologi. Kemudian Anda juga harus secara aktif telah menggunakan periferal, hardware ataupun software buatan Razer.

Lalu Anda juga harus berkomitmen untuk tidak lupa menulis umpan balik dan laporan beta-testing secara mendetail ke sang produsen. Jika tidak bisa memenuhinya, Anda akan didiskualifikasi dari program-program beta lain yang akan diselenggarakan oleh Razer.

 

Info menarik: Nabu SmartBand, Smartwatch Canggih a la Nike+ FuelBand Rancangan Razer

 

Dan yang terakhir, Anda harus aktif dalam channel sosial Razer seperti Facebook, Twitter, YouTube dan Instagram. Semakin aktif, semakin besar pula kesempatan Anda untuk menjadi 500 orang yang beruntung bisa mengikuti program beta-testing tersebut.

Seperti smartband lain, ada banyak hal yang bisa Nabu lakukan. Ia dapat menyajikan notifikasi email, pesan atau sosial media, ditandai dengan getaran ringan yang dikeluarkannya. Dengan fitur Private Message Screen, Anda bisa mengakses konten pesan dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan perangkat pintar. Untuk menghilangkan notifikasi, Anda hanya perlu menggoyangkan tangan.

Nabu SmartBand dapat dikustomisasi dengan memanfaatkan companion app-nya. Anda bisa memilah-milih app berdasarkan minat dan prioritas. Fitur Utility memberikan pengguna kontrol terhadap keseluruhan konten smartband. Sejauh yang Razer ungkapkan, Nabu mendukung penuh fungsi telepon, email, SMS, reminder, hingga aplikasi seperti WeChat, Google Maps, Twitter, Instagram, Facebook dan Skype.

Sebagai sebuah smartband, fungsi Nabu tidak akan lengkap tanpa kemampuan membaca info tubuh penggunanya. Razer tentunya tidak melupakan hal tersebut. Nabu dapat mendeteksi secara akurat aktivitas Anda sehari-hari dengan sistem algoritma canggih. Kemudian data biologis Anda akan disajikan ke smartphone.

 

Info menarik: Razer Pamerkan Casing PC Pertama Mereka dan Beberapa Aksesori Keren Lain

 

Dengannya, Anda bisa melihat jumlah kalori yang terbakar, banyaknya langkah yang telah Anda ambil, berapa banyak anak tangga yang telah Anda lewati, seberapa jauh kita berjalan, cukupkah waktu tidur Anda, serta memudahkan pengguna menetapkan target fitness pribadi.

Pengiriman unit Razer Nabu SmartBand akan dimulai pada tanggal 10 Juli 2014. Saya harap program beta-testing ini terbuka untuk khalayak global - bukan hanya mereka yang tinggal di wilayah tertentu saja. Penasaran? Silakan kunjungi RazerZone.com untuk mendaftarkan nama Anda.

Via IGN. Sumber: Razerzone.com.