Categories

Gadget

Versi Terbaru Bowers & Wilkins Zeppelin Sepenuhnya Siap Menyambut Era Streaming

Bowers & Wilkins memperbarui salah satu speaker paling ikonisnya, Zeppelin, dengan teknologi-teknologi yang relevan di era streaming musik digital

Glenn Kaonang - 19 October 2021

Bowers & Wilkins meluncurkan generasi terbaru dari salah satu speaker paling ikonisnya, Zeppelin. Desain khasnya yang menyerupai pesawat rancangan inventor Jerman, Ferdinand von Zeppelin, masih dipertahankan, akan tetapi jeroannya sudah diperbarui mengikuti standar 2021.

Sebagai pengingat, Zeppelin orisinal pertama dirilis di tahun 2007, tepatnya ketika iPod dock masih jadi kategori populer di dunia audio. Seiring waktu dan sejalan dengan perkembangan tren teknologi audio, B&W sempat merilis dua model Zeppelin lain, yakni Zeppelin Air di tahun 2011 dan Zeppelin Wireless di tahun 2015.

Ya, tidak terasa sudah enam tahun sejak B&W memperkenalkan Zeppelin Wireless, dan dalam kurun waktu tersebut cara kita menikmati musik sudah berubah drastis. Dibandingkan dua pendahulunya, Zeppelin Wireless memang sudah tidak lagi dilengkapi iPod dock dan sudah berfokus pada konektivitas nirkabel. Meski begitu, kita masih bisa menemukan jack audio 3,5 mm di bagian belakangnya (karena iPhone 7 baru dirilis setahun setelahnya).

Seperti yang kita tahu, headphone jack sekarang bisa dibilang sudah hampir punah, dan B&W pun tidak luput dari pengaruh tren tersebut. Pada bagian belakang Zeppelin edisi 2021 ini, kita hanya bisa menemukan port USB-C saja di samping colokan kabel daya, dan itu pun cuma sebatas untuk keperluan servis. Dengan kata lain, Zeppelin sekarang sudah sepenuhnya siap menghadapi era streaming.

Beruntung opsi wireless-nya itu terbilang lengkap, mulai dari Spotify Connect, AirPlay 2, sampai Bluetooth 5.0 dengan dukungan codec aptX Adaptive. Sayang sekali ia tidak dibekali dukungan terhadap Chromecast maupun integrasi Google Assistant. Untuk pengoperasian via perintah suara, pengguna bisa memanfaatkan Alexa.

Kompatibilitas dengan AirPlay 2 juga berarti Zeppelin mendukung teknologi multi-room di ekosistem Apple. Alternatifnya, tahun depan B&W juga akan menghadirkan update agar Zeppelin juga kompatibel dengan teknologi multi-room milik lini speaker B&W Formation.

Terkait kinerja audionya, Zeppelin anyar ini mengandalkan konfigurasi lima driver: dua Decoupled Double-Dome tweeter berdiameter 1 inci di ujung kiri dan kanan, dua midrange driver 3,5 inci berteknologi Fixed Suspension Transducer (FST), dan satu subwoofer 6 inci di bagian tengah. Total daya amplifikasinya berada di kisaran 240 watt.

Versi terbaru Bowers & Wilkins Zeppelin ini sekarang sudah dijual seharga $799, atau kurang lebih sekitar 11,2 jutaan rupiah. Selain warna hitam, perangkat juga tersedia dalam warna abu-abu cerah. Sejauh ini belum ada informasi mengenai ketersediaannya di pasar tanah air.

Sumber: What Hi-Fi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter