Categories

Mobile

Versi Terbaru Dropbox untuk iOS Hadirkan Integrasi iMessage dan Sejumlah Fitur Menarik

Widget lock screen, dukungan fitur picture-in-picture sampai kemudahan untuk menandatangani file PDF

Glenn Kaonang - 12 October 2016

Seiring perkembangannya, Dropbox telah berevolusi dari sekadar layanan cloud storage hingga menjadi alat bantu produktivitas. Pergeseran ini terus dibawa menuju ke aplikasi mobile-nya, dimana Dropbox baru-baru ini memperkenalkan sejumlah fitur menarik pada aplikasi Dropbox untuk iOS.

Yang pertama adalah integrasi iMessage, dimana pengguna bisa berbagi file tanpa perlu berpindah-pindah aplikasi. Tinggal pilih file yang hendak dibagi dari dalam iMessage, lalu sang penerima bisa langsung melihatnya di dalam kolom chat.

Fitur ini bisa terwujud berkat pembaruan dalam iOS 10, dimana developer pada dasarnya bisa membuat aplikasi mini di dalam iMessage untuk meningkatkan fungsionalitasnya. Dengan begitu, pengguna bisa berkomunikasi dengan rekan kerja atau rekan setimnya secara lebih efisien.

Masih berkaitan dengan pembaruan yang dibawa iOS 10, Dropbox kini juga datang bersama widget yang bisa diakses melalui lock screen. Hal ini berarti pengguna dapat memindai dokumen atau mengunggah file tanpa perlu meng-unlock perangkatnya terlebih dulu.

Menandatangani file PDF kini mudah sekali dilakukan lewat aplikasi Dropbox untuk iOS / Dropbox
Menandatangani file PDF kini mudah sekali dilakukan lewat aplikasi Dropbox untuk iOS / Dropbox

Tidak kalah menarik adalah fitur untuk membubuhkan tanda tangan pengguna di atas sebuah file PDF. Yup, pengguna kini tidak perlu repot-repot mencetak dokumen, menandatanganinya, lalu memindainya kembali untuk dikirim viaemail. Cukup buka file melalui aplikasi Dropbox, lalu langsung bubuhkan tanda tangan di atas layar.

Aplikasi Dropbox kini mendukung fitur Picture-in-Picture di iPad, serta Split Screen dalam waktu dekat / Dropbox
Aplikasi Dropbox kini mendukung fitur Picture-in-Picture di iPad, serta Split Screen dalam waktu dekat / Dropbox

Untuk pengguna iPad, aplikasi Dropbox kini mengusung dukungan fitur Picture-in-Picture sehingga mereka dapat menonton video yang disimpan di dalam Dropbox selagi membuka aplikasi lain. Dalam beberapa minggu ke depan, Dropbox bahkan berencana untuk menghadirkan dukungan fitur Split Screen.

Fitur baru yang terakhir terkait aspek kolaborasi, dimana aplikasi kini dapat mengirimkan notifikasi ketika seseorang dalam tim Anda telah melakukan revisi dan menyimpan versi terbarunya. Pengguna tinggal mengklik tombol Refresh untuk melihat hasil revisinya.

Sumber: Dropbox Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter