13 August 2015

by Glenn Kaonang

Versi Terbaru OneNote untuk Android Hadirkan Fitur Floatie, Buat Catatan Tanpa Berpindah Aplikasi

Microsoft semakin hari semakin rajin menyempurnakan aplikasi mobile-nya. Setelah OneNote untuk smartwatch Android Wear diluncurkan, kini giliran OneNote untuk Android yang kebagian update besar.

Update terbaru Microsoft OneNote untuk Android ini memperkenalkan fitur anyar bernama Floatie. Floatie pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk membuat catatan di OneNote meski sedang membuka aplikasi lain. Kalau melihat contoh screenshot yang diambil situs Android Authority, fitur ini sangat mirip dengan Chat Heads milik aplikasi Facebook.

Info menarik: OneNote Staff Notebook, Persembahan Terbaru Microsoft untuk Lembaga Pendidikan

Pada versi baru OneNote ini, terdapat opsi "Start floatie" pada bagian menu. Aktifkan Floatie, maka sebuah icon bergambar tanda cawang akan muncul pada layar. Icon ini bisa Anda gerak-gerakkan ke mana saja. Saat sedang tidak digunakan, icon tersebut akan bergeser ke ujung layar dan tampak agak transparan. Untuk menonaktifkannya, Anda hanya perlu menggesernya menuju lambang X pada bagian bawah layar, sangat mirip seperti Facebook Chat Heads.

Saat Floatie Anda tap, akan muncul sebuah window kecil dimana Anda bisa langsung membuat catatan tanpa harus berpindah aplikasi. Selesai mencatat, Anda tinggal pilih di mana Anda hendak menyimpan catatan tersebut. Sangat ideal ketika Anda sedang membaca-baca artikel di Chrome, lalu ingin membuat catatan kecil dengan cepat.

Fitur Floatie ini akan segera tersedia dalam aplikasi OneNote untuk Android versi 15.1.6027.1004. Sejauh pengamatan saya, versi tersebut masih belum tiba ke Google Play, jadi Anda masih harus bersabar menunggu.

Sumber: Android Police dan Android Authority. Gambar header: Microsoft apps via Shutterstock.