19 April 2016

by Glenn Kaonang

Versi Terbaru Shazam Kini Dilengkapi Fitur Sinkronisasi Antar Perangkat

Kini semua lagu yang pernah diidentifikasi akan tersimpan dalam My Shazam dan tersinkronisasi di semua perangkat

Selama bertahun-tahun Shazam menemani kita mengidentifikasi lagu-lagu baru yang mengalun di sekitar kita, rupanya ada satu fitur penting yang absen yang tidak disadari oleh sebagian besar pengguna. Apa itu? Fitur sinkronisasi antar perangkat.

Seperti yang kita tahu, Shazam selama ini menawarkan pengguna untuk membuat akun agar bisa mem-follow banyak musisi, yang kemudian bisa diakses dari perangkat lain dengan menggunakan akun yang sama. Namun ternyata sinkronisasinya hanya sebatas itu saja, tidak mencakup lagu-lagu yang pernah diidentifikasi.

Beruntung dalam versi terbarunya, fitur tersebut akhirnya telah tersedia. Jadi sekarang setiap kali Anda masuk menggunakan akun Shazam, semua lagu yang diidentifikasi akan terus tersinkronisasi antar satu perangkat dan yang lainnya. Anda membeli smartphone baru? Cukup masuk memakai akun Shazam yang sama, dan daftar lagu di menu My Shazam pun tidak akan hilang.

Selain sinkronisasi lagu antar perangkat, pengguna kini juga bisa menghapus beberapa lagu sekaligus / Android Police

Dari situ, lagu-lagunya bisa langsung diputar selengkapnya di berbagai layanan streaming musik. Lebih lanjut, pengguna kini juga bisa menghapus beberapa lagu sekaligus yang tersimpan dalam menu My Shazam. Sebelum ini, lagunya harus dihapus satu per satu, sehingga sangatlah memakan waktu.

Meski fitur barunya terbilang sederhana, cukup mengejutkan mengetahui bahwa selama ini fitur sinkronisasi yang ditawarkan hanya mencakup daftar following saja dan bukan lagu-lagu yang pernah di-Shazam – apa gunanya menyediakan akun dan aplikasi di berbagai platform kalau sinkronisasinya tidak lengkap? Well, kesalahan itu sudah ditebus sekarang.

Sumber: Android Police.