23 January 2017

by Glenn Kaonang

Vertigo Music Ajak Pengguna Streaming Musik Bersama Secara Real-Time

Ideal untuk pasangan LDR, atau mungkin untuk sesi latihan flash mob

Senang rasanya menjumpai seorang teman yang memiliki selera musik yang sama dengan kita. Dalam pertemuan singkat tersebut, tidak jarang kita menyempatkan waktu untuk mendengarkan lagu favorit bersama-sama. Singkat cerita, musik sudah sejak lama menjadi jembatan komunikasi antar individu yang efektif.

Itulah mengapa selama ini ada cukup banyak media sosial yang menempatkan musik sebagai fokus utamanya. Salah satu yang terbaru adalah Vertigo Music, dimana dalam aplikasi ini Anda pada dasarnya bisa streaming musik bersama siapapun secara real-time.

Vertigo memastikan apa yang Anda dengarkan pada saat itu sama persis seperti yang teman Anda di lokasi maupun negara lain dengarkan. Vertigo memanfaatkan layanan streaming Spotify sebagai penghubungnya, dan pengguna diwajibkan untuk berlangganan Spotify Premium untuk bisa mendapatkan pengalaman yang maksimal.

Setelah menyambungkan akun Spotify Premium, Anda bisa langsung menyiarkan sesi streaming Anda kepada seseorang, sejumlah teman atau seluruh pengguna Vertigo sekaligus. Dari situ Anda bisa berinteraksi via teks, gambar atau bahkan live video selagi beat demi beat Anda sekalian nikmati bersama.

Melihat apa yang ditawarkan, Vertigo terdengar sangat ideal buat mereka yang tengah menjalani hubungan jarak jauh (LDR), atau bisa juga dimanfaatkan sebagai sarana berlatih menjelang eventflash mob mendatang.

Vertigo pada dasarnya bisa dilihat sebagai versi interaktif dari fitur "Friend Activity" di Spotify, dimana ketimbang hanya melihat apa yang sedang atau terakhir di-stream oleh teman, Anda bisa langsung menikmatinya bersama-sama. Ke depannya, Vertigo berniat untuk menambahkan layanan lain sebagai alternatif – yang terdekat adalah Apple Music.

Kalau tertarik, Anda bisa langsung mengunduh Vertigo di perangkat iOS masing-masing secara cuma-cuma. Sejauh ini belum ada informasi apakah Vertigo nantinya juga akan tersedia di Android. Dugaan saya, semestinya bakal ada seandainya Vertigo ingin mempunyai user base yang lebih besar lagi.

Sumber: TechCrunch dan Vertigo Music.