Categories

Mobile

Vervid Adalah Layanan Berbagi Video Khusus Video Portrait

Glenn Kaonang - 23 July 2015

YouTube, Vimeo, DailyMotion, dari tiga layanan berbagi video ini, semuanya mempunyai tampilan yang memang sengaja dibuat untuk menampung video landscape. Namun pada nyatanya, masih banyak orang yang merekam video menggunakan smartphone-nya dalam posisi portrait.

Sebenarnya tidak ada masalah dengan video portrait, hanya saja layout seperti itu tampak sangat tidak pada tempatnya di platform semacam YouTube. Karena pada dasarnya dirancang untuk video landscape, YouTube pun akan menampilkan video portrait dengan blok hitam di sisi kiri dan kanannya.

Lalu apakah itu berarti kita harus berhenti merekam video dalam bentuk portrait? Tidak juga, karena sekarang sudah ada tempat khusus untuk berbagi video portrait. Vervid namanya, dan seperti yang bisa kita lihat, nama tersebut merupakan gabungan dari kata "vertical" dan "video".

Info menarik: OneSet Adalah Layanan Berbagi Video Khusus Penggemar Fitness

Secara prinsip, Vervid memang ingin menjadi YouTube-nya video vertikal alias portrait – atau jika dilihat dari sisi teknis, video dengan aspect ratio 9:16. Namun tidak seperti YouTube, Vervid benar-benar ditujukan untuk konsumen yang menggunakan perangkat mobile, dimana video portrait sangat cocok mengisi layar memanjang milik smartphone.

Karena semua video tampil dalam wujud portrait, maka scrolling di aplikasi Vervid sendiri berlangsung secara horisontal. Yang menarik, profile picture setiap pengguna Vervid bukanlah sebuah foto, melainkan video berdurasi 8 detik sehingga pengguna lain bisa mendapat sedikit gambaran mengenai user yang hendak ia follow.

Fungsi editing di dalam aplikasi Vervid juga cukup lengkap. Selain merekam video baru, Anda tentunya juga bisa meng-import video-video yang tersimpan di gallery, atau yang sempat Anda bagikan ke Periscope.

Info menarik: Apa Itu Periscope, Fitur dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Selain menjadi rumah bagi video-video portrait, Vervid sebenarnya juga berpotensi menjadi Twitch-nya dunia mobile gaming. Seperti yang kita ketahui, tidak sedikit gamemobile yang dimainkan dalam posisi portrait. Monument Valley contohnya, Vervid pun bisa jadi tempat yang pas untuk membagikan video-video walkthroughgame puzzle tersebut.

Anda punya banyak video portrait yang menganggur? Unggah saja ke Vervid. Aplikasinya kini sudah bisa diunduh oleh pengguna iPhone dan iPad melalui App Store.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter