Via Update Xbox Video, MKV Kini Dapat Berjalan di Windows 8.1

Saat ini Microsoft tengah merampungkan sistem operasi Windows 10, yang keberadaannya telah mereka ungkap bulan Oktober kemarin setelah berbagai prediksi dan bocoran info. Dan tak lama berselang, satu juta pengguna juga telah terdaftar untuk mencoba versi preview dari platform Windows 10.

Dari versi preview Windows 10 tadi, kita bisa melihat seperti apa kemampuan dan keunggulan yang dimiliki sistem operasi tersebut. Selain dukungan API DirectX 12 teranyar, platform baru besutan Microsoft itu akan dapat memainkan video berformat MKV langsung setelah dilepas nanti.

Namun kini kita tidak harus menunggu hingga hadirnya Windows 10 untuk menjalankan file MKV. Aplikasi Xbox Video baru saja mendapatkan update, memungkinkan Windows 8.1 membaca format tersebut tanpa perlu menginstal app third-party.

Hal ini bisa terealisasi berkat update Microsoft terhadap aplikasi pemutar multimedia Xbox Video yang ada pada platform Windows 8.1. Seperti dikutip dari laporan Windows Central via Xbox Video User Voice, sumber mengatakan bahwa selain menghadirkan beberapa perbaikan dan update fitur, kini aplikasi Xbox Video juga mampu membaca MKV. Ia merupakan format yang mampu menampung film, audio dan gambar tanpa batasan kapasitas dalam satu file.

 

Info menarik: Simak Demo Aksi Cortana di Microsoft Windows 10

 

Jika Anda adalah pengguna sistem operasi Microsoft Windows 8.1, maka Anda dapat mengunduh Xbox Video untuk melakukan pembaharuan agar dapat memainkan file MKV tadi melalui tautan berikut ini.

File MKV - atau dikenal juga dengan Matroska Multimedia Container - adalah salah satu format berstandar terbuka untuk file video (biasanya juga hadir dengan suara dan subtitle, dibundel dalam satu file) yang diusung sebagai format video berkualitas tinggi.

Format file ini muncul dari proyek MCF. MKV menjadi lebih berbeda karena penggunaanya didasarkan pada EBML (Extensible Binary Meta Language), sebuah binary turunan dari XML. EBML ini memungkinkan tim pengembang Matroska mendapatkan keuntungan karena dibuat dengan ekosistem terbuka (open source). Artinya dalam mengembangkan format ini para developer tidak akan terkena masalah lisensi.

Sumber: Windows Central. Gambar header: Pixgood.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again