Categories

Internet

Video Embed YouToube Sedikit Dipoles, Mudahkan Channel untuk Tumbuh

Tak ada perubahan dari sisi antarmuka player

Bambang Winarso - 22 October 2018

Sebagai layanan berbasis online, bukan hal yang mengagetkan jika YouTube terus berubah dari waktu ke waktu. Perubahan tidak hanya terjadi pada bagian antarmuka tapi juga pada fitur dan fungsi-fungsi di dalamnya. Yang paling anyar, YouTube diam-diam menggulirkan perubahan pada dukungan embedded atau sisip.

Perubahan desain video yang disisipkan ke web atau blog ini terlihat pertama kali pada akhir pekan lalu. Jika diperhatikan dengan seksama, desain baru video embed terlihat pada munculnya shotcut kanal di bagian kiri atas area embed. Apabila kursor didekatkan pada shotcut ini, maka akan muncul nama kanal sekaligus jumlah pelanggan dan tombol untuk berlangganan. Kemudian di sisi kanan terlihat dua menu tambahan, Watch Later dan Share.

Berikut adalah contoh video embed baru YouTube.

https://www.youtube.com/watch?v=9hGSY9BT4-k

https://www.youtube.com/watch?v=xM5T0ZB8s9Q

 

Sementara dari sisi player-nya tak terlihat ada perubahan, masih seperti player yang lawas. Begitu juga dari sisi perilaku, di mana bagian top bar dan kontrol player akan muncul ketika kursor digerakkan ke area player dan hilang ketika dialihkan ke tempat lain.

Dari segi tampilan, tak banyak hal besar yang dihadirkan. Tapi bagi para kreator video, perubahan ini akan menguntukan mereka. Sebab, dibandingkan desain video embed yang lalu, kini mereka akan terbantu dan lebih mudah untuk tumbuh besar. Hanya saja belum dapat dipastikan apakah YouTube juga menyediakan opsi baru bagi pengguna untuk mematikan top bar berisi informasi kanal atau secara default akan muncul setiap video disematkan ke laman web.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar header Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter