11 September 2017

by Glenn Kaonang

Video HDR di YouTube Kini Bisa Dinikmati Menggunakan Smartphone

Sementara baru Samsung Galaxy S8, Note 8, LG V30, Sony Xperia XZ Premium dan Google Pixel

November tahun lalu, YouTube mengumumkan secara resmi bahwa konten dalam format HDR sudah bisa dinikmati oleh semua pengguna. Syaratnya tentu saja perangkat yang digunakan harus mendukung pemutaran video HDR. Namun Anda tak perlu berkecil hati seandainya tidak ada label โ€œHDR-readyโ€ yang terpampang di TV atau monitor yang Anda punyai.

Pasalnya, YouTube baru-baru ini diam-diam menghadirkan dukungan video HDR pada aplikasi mobile-nya, yang berarti koleksi konten istimewa itu juga bisa kita nikmati dari smartphone. Pastinya bukan semua smartphone, melainkan Samsung Galaxy S8, Note 8, LG V30, Sony Xperia XZ Premium, dan tentu saja Google Pixel.

Menggunakan salah satu smartphone tersebut, video HDR di YouTube dapat dinikmati dalam resolusi maksimum 1440p 60 fps. HDR yang merupakan singkatan dari High Dynamic Range sendiri menjanjikan kualitas video yang lebih baik tanpa sedikit pun menyentuh resolusinya. Yang ditingkatkan justru adalah kontras serta warna, yang pada akhirnya bisa berujung pada peningkatan detail.

Video HDR di aplikasi mobile YouTube bisa dinikmati dalam resolusi maksimum 1440p 60 fps / Reddit

Meski sejauh ini video HDR di YouTube baru bisa dinikmati menggunakan smartphone-smartphone di atas saja, ke depannya sudah bisa dipastikan YouTube akan menghadirkan dukungannya pada lebih banyak smartphone. Sabar adalah kata kunci yang paling tepat.

YouTube juga bukan satu-satunya sumber konten HDR yang tersedia di internet. Netflix sebenarnya juga punya koleksi yang tidak kalah banyak, dan belakangan layanan streaming film tersebut juga sudah menghadirkan dukungan pada lebih banyak smartphone, termasuk Galaxy Note 8, LG V30 dan Xperia XZ1.

Sumber: 1, 2, 3.