30 March 2016

by Bambang Winarso

Asik, Berbagi Video di Instagram Bisa Berdurasi 60 Detik!

Pengguna Android dan iOS bakal kebagian fitur yang sama, tapi belum semua pengguna dapat giliran

Di tengah gonjang-ganjing perubahan algoritma lini masanya, Instagram tampak berupaya menenangkan publik dengan merilis update terbaru untuk Android dan iOS. Dalam pembaruan ini, Instagram memperpanjang durasi perekaman video, jika sebelumnya pengguna hanya bisa merekam dan mengunggah video berdurasi 15 detik, sekarang bisa dilakukan selama 60 detik.

Platform Android dan iOS akan merasakan perubahan ini, namun menurut keterangan resmi Instagram, baru sebagian pengguna yang sudah memperoleh fitur baru ini sebelum diimplementasikan secara global di bulan berikutnya. Dan dengan kemampuan baru ini, maka pengguna dan pengiklan sekarang mempunyai posisi yang setara. Sebelumnya, sekitar dua bulan yang lalu Instagram hanya memperbolehkan pengiklan untuk merekam video berdurasi 60 detik sebelum sekarang pengguna umum juga boleh melakukan hal serupa.

Selain itu, Instagram juga menghadirkan fitur multiple klip yang memungkinkan pengguna membuat video dari beberapa klip yang berbeda menggunakan kamera perangkat. Fitur ini bakal membuat pengguna lebih lama bertahan di Instagram, sebab banyak pengguna berlari ke aplikasi pihak ketiga untuk membuat klip semacam ini.

Dalam pernyataan resminya Instagram mengutarakan keinginannya untuk menghadirkan cara baru yang menyenangkan, fleksibel dan kreatif untuk menciptakan serta menonton video. Video yang lebih panjang akan menarik lebih banyak video dari akun-akun selebritis dan akun ngetop lainnya.

Update ini merupakan inovasi terbaru dari sekian rentetan update yang dirilis oleh Instagram hanya untuk video. Sebelumnya, mereka merilis slow motion yang sudah lama dinantikan dan fitur jumlah view video untuk memberikan informasi jumlah like dan jumlah orang yang menonton video.

Sumber berita Venturebeats dan gambar header Pexels.